Rakor BP3K, Wabup Asyirwan Yunus: Potensi Pertanian Limapuluh Kota Luar Biasa

H Asyirwan Yunus Memberikan Sambutan Kepada Penyuluh BP3K se-Kabupaten Lima Puluh Kota

H Asyirwan Yunus Memberikan Sambutan Kepada Penyuluh BP3K se-Kabupaten Lima Puluh Kota

Advertisements

Limapuluh Kota – Bertempat di aula kantor BP4K Kabupaten Limapuluh Kota di kawasan Tanjung Pati Wakil Bupati Limapuluh Kota Drs.H.Asyirwan Yunus, M.Si membuka secara resmi Rapat Koordinasi Penyuluh (Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan) BP3K se-Kabupaten Limapuluh Kota dalam ruang lingkup pertanian, perikanan dan kehutanan, Kamis (5/3). Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Limapuluh Kota Ir. Deswan Putra, MM beserta Kepala Dinas Kehutanan dan Pertambangan Kabupaten Limapuluh Kota Ir.M. Khalid, MH.

H Asyirwan Yunus mengatakan bahwa Kabupaten Limapuluh Kota mempunyai potensi yang sangat luar biasa, baik itu di sektor pertanian, maupun sektor pariwisata.

”Sebenarnya kita mempunyai berbagai komuniti unggulan, contohnya di Kecamatan Gunuang Omeh mempunyai jeruk siam gunuang omeh (Jesigo) dan Jesigo ini sudah terkenal di Indonesia, tapi apa yang terjadi sekarang, petani kita hanya menanam terus dijual, tidak ada nilai tambah yang lain,”ungkap Asyirwan.

H Asyirwan Yunus mengharapkan pengembangan terhadap Jesigo tersebut sehingga bisa bernilai lebih dari sekedar Agrobisnis. “Seharusnya produk Jesigo ini bisa menjadi sebuah Agroindustri, seperti dibangunnya pabrik sirup di Kecamatan Gunuang Omeh tersebut dan ini diharapkan bisa menjadi program untuk ke depannya,” kata Asyirwan Yunus.

Lebih jauh Asyirwan Yunus memaparkan jika hal ini dilakukan maka kedepannya bukan tidak mungkin jumlah pengangguran di Kabupaten Limapuluh Kota akan berkurang. “Kalau sebuah industri didirikan di Kabupaten Limapuluh Kota, maka harga ke petani bisa kita stabilkan,” imbuh Asyirwan.

Sementara itu, Deswan Putra melaporkan bahwa Rapat Koordinasi ini memang rutin dilaksanakan sekali dalam tiga bulan dalam rangka meningkatkan koordinasi antara BP4K dengan seluruh jajaran yang ada di Kecamatan yakni para penyuluh di BP3K.

”Adapun disini juga dihadirkan SKPD dari Dinas Kehutanan, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Limapuluh Kota dengan tujuan agar penyuluh dari BP3K di lapangan akan mengetahui apa-apa program yang dilakukan oleh SKPD lain pada tahun 2015 ini,” lapor Deswan.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*