Rangkaian HPSN ASN dan THL Goro Bersihkan DAS

Padang Panjang, Padang-Today.com – Jelang Puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari mendatang , Aparatur Sipil Negara (ASN) danTenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota Padang Panjang menfaatkan momentum tersebut untuk melaksanakan gotong royong membersihkan Daerah Aliran Sungai(DAS), Rabu (7/2).Lokus Gotong Royong kali ini yaitu, Daerah Aliran Sungai Parit Rumpang di Kelurahan Bukit Surungan yang mengalir hingga ke daerah aliran sungai di Kelurahan Pasar Usang, Para pejabat pemko pun ikut serta turun ke DAS guna begotong royong sembari membuat catatan tersendiri , terkait hal apa yang perlu dibenahi disepanjang aliran sungai itu.

Adapun tema, HPSN pada tahun ini yakni : “ Sayangi Bumi, Bersihkan Sampah,”. Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Perumahan,Pemukiman dan Lingkungan Hidup berharap melalui momentum itu masayarakat dapat membiasakan diri untuk menjaga kebersihan di lingkungannya. Kemudian, Dinas Perkim LH mengkampanyekan tiga bulan bersih sampah (TBBS) serta dilanjutkan dengan penjagaannya. Agenda HPSN ini sudah berjalan dari 21 Januari dan dilaksanakan hingga 21 april mendatang.

Sebelum Gotong Royong dilaksanakan, ASN dan THL melaksanakan apel bersama di Terminal Bukit Surungan. Apel dipimpin oleh Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Plt. Asisten II Sonny Budaya Putra. Turut hadir pada apel tersebut,para kepala dinas dan pejabat lainnya.

Walikota Padang Panjang Hendri Arnis yang diwakili Plt. Asisten I Sonny Budaya Putra menyampaikan tema sayangi bumi, bersihkan dari sampah akan menjadiikan kita benar benar menyayangi bumi serta mebersihkannya dari sampah. “ Kita harus menyadari bahwa bumi tempat tinggal kita harus kita sayang , kita rawat dan jaga dari kerusakannya sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi kita, anak anak kita, cucu cucu kita di kemudian hari,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Lingkungan Hidup Wita Desi Susanti menyampaikan, kegiatan 3 bulan bersih sampah diantaranya, sosialisasi pengolahan sampah, gerakan kebersihan pada kantor pemrintahan sampai ke kelurahan, lalu, kebersiahan sarana angkutan seperti di terminal, pelabuhan dan sungai.

Lebih lanjut Kepala Dinas Perkim LH Wita Desi Susanti menyampaikan bahwa kita adalah penghasil sampah. Wita mencontohkan seperti saat kita makan permen, bungkusnya yang kecil itu adalah sampah yang terkadang kita buang begitu saja. “ masing masing kita satu hari menghasilkan sampah,jangan anggap kita tidak menghasilkan sampah,” katanya.

“Mulai hari ini mari kita bertekad mulai dari diri kita sendiri untuk sadar dan peduli terhadap kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*