RAT TB 2017 KPN Tingkatkan Kesadaran Anggota

Padang Panjang, Padang-Today.com – Dalam rangka membahas dan mengesahkan laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas, Koperasi Pegawai Nasional (KPN) mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2017 di Gedung M.Syafei, Rabu (31/1).Acara dibuka langsung oleh Walikota Padang Panjang yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Iriansyah Tanjung, SE, M.Si dan turut menghadiri Ketua Persatuan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKP RI) Sumbar Hadi Suryadi, Ketua KPN Balaikota Yonasril, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Perdakopukm) Arpan, SH, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Marwilis, SH serta anggota KPN lainnya.

Dalam acara tersebut Iriansyah Tanjung menjelaskan  koperasi merupakan salah satu pelaku ekonomi yang akan berjalan secara berdampingan dengan sektor swasta dalam upaya memacu pertumbuhan ekonomi.

“Kami ingin koperasi ini lebih profesional dan berkualitas baik sumber daya manusianya maupun pola kerja yang diterapkan”, kata Iriansyah.

Iriansyah juga mengutarakan melalui RAT koperasi dapat menjadikan suatu sarana bagi pengurus untuk mempertanggung jawabkan amanah yang dipercayakan oleh anggota untuk mengelola kegiatan dan organisasi selama satu tahun.

“Dengan RAT ini nantinya kita bisa mengetahui perkembangan yang terjadi di koperasi serta dari sana juga kita bisa mengevaluasi diri dari segala kegiatan yang telah dilakukan ditahun sebelumnya”, ungkapnya.

RAT sendiri dapat diartikan sebagai upaya untuk mengevaluasi diri, mengevaluasi segala kegiatan yang telah dilakukan selama setahun lalu, Kata Iriansyah.

Sementara Hadi Suryadi menyampaikan koperasi memiliki peranan untuk mensejahterakan anggotanya, tetapi mengapa koperasi tidak bisa merekrut anggotanya untuk memanfaatkan koperasi itu sendiri.

“Masih banyak anggota yang tidak memanfaatkan koperasi artinya anggota masih ada yang meminjam ke bank lain”, tambahnya.

Lnjutnya Hadi Suryadi menegaskan bagaimana supaya koperasi itu bisa berjalan dengan baik dan lancar, koperasi harus bisa menyadarkan para anggotanya.

“Caranya ya dengan menjelaskan ke anggota bahwa koperasi milik dia, modal punya dia, keuntungan buat dia, buat apa lagi meminjam ke bank lain”, tambahnya.

Hadi Suryadi berharap agar kedepannya agar anggota dapat berfikiran jernih melihat koperasi ini merupakan badan usaha jangan melihat sosialnya saja karena keuntungan untuk dia.

Lain lagi dengan Yonasril yang berharap agar PKP RI Sumbar dapat memberikan motivasi dan bimbingan agar keinginan menuju koperasi yang berbasis syariah bisa terwujud.

“Kami berharap PKP RI bisa memberikan motivasi agar kedepannya koperasi berbasis syariah ini bisa terwujud dan terlaksana dengan baik dan bagus”, tutup Yonasril.

Acara diakhiri dengan door price dan pemberian cendramata untuk pensiunan tahun 2017 yang diserahkan oleh Walikota melalui Staf ahli Iriansyah Tanjung dan Ketua PKP RI Hadi Suryadi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas