Ratusan Mahasiswa Asing Akan Kunjungi ISI Padangpanjang Penyelenggaran Darmasiswa merupakan wadah menuju World Class Program

Mahasiswa-Darmasiswa

Padangpanjang, PADANGTODAY.COM-Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri (PKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Pengelola Darmasiswa di Sumatra Barat mengadakan kegiatan pembekalan kepulangan 650 orang mahasiswa program Darmasiswa RI yang tersebar di 53 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Kegiatan Closing Ceremony (Pembekalan Kepulangan) ini dilakukan setiap tahun, pada semester genap setiap akhir tahun ajaran. Kegiatan ini dilaksanakan diberbagai tempat yang bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Pengelola Darmasiswa setempat, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Disebutkan oleh Kurniasih Zaitun selaku ketua pelaksana ISI Padangpanjang menyebutkan bahwa Pada kesempatan kali ini, kegiatan Closing Ceremony (Pembekalan Kepulangan) akan dilaksanakan di Sumatera Barat, tepatnya dengan Perguruan Tinggi Pengelola dari Universitas Andalas (Unand) Padang dan Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan Daerah yang ada di Sumatera Barat.

“Sebanyak lebih kurang 500 orang, Darmasiswa dari 72 Negara dan pendamping yang tersebar di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia akan menghadiri acara Closing Ceremony atau Pembekalan Kepulangan tersebut” Sebut Kurniasih.

Ditambahkan juga bahwa “Memorable days in Minangkabau” merupakan tema Closing Ceremony (Pembekalan Kepulangan) Darmasiswa yang merupakan rangkaian kegiatan Darmasiswa Republik Indonesia di akhir Tahun Akademik 2014/2015. Dengan adanya program Darmasiswa memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing untuk melakukan studi di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Studi yang dilaksanakan bermaksud memperkenalkan ke-Indonesiaan melalui materi pembelajaran yang diberikan selama di Perguruan Tinggi Indonesia. ISI Padangpanjang merupakan salah satu penerima mahasiswa asing dalam program Darmasiswa Republik Indonesia.
Kegiatan tersebut telah direncakan akan diadakan pada tanggal 21 sampai 23 mei 2015. Dalam rangkaian acara, para dharmasiswa tersebut akan diajak untuk melihat destinasi Sumatra Barat seperti Panorama, Lobang Jepang, Green Wall Koto Gadang, Janjang Saribu dan lain sebagianya. Selain itu, Para darmasiswa juga akan diajak untuk melakukan penanaman pohon yang rencananya akan dilaksanakan di beberapa titik seperti kota bukittinggi, Padangpanjang, dan Padang.

Untuk daerah padangpanjang, ISI padangpanjang sebagai tuan rumah darmasiswa dan sekaligus sebagai pantia penyelenggara akan memamerkan dan mempertunjukan karya-karya kesenian berupa karya musik, tari, seni kriya, fotografi, seni rupa, pedalangan dan kebudayaan minangkabau.

“Penyelenggaran Darmasiswa merupakan wadah bagi ISI Padangpanjang menuju World Class Program. Dimana karakter pembelajaran yang diberikan serta kurikulum yang dipersiapkan kepada mahasiswa asing, mengarah pada pencapaian dan perwujudan World Class Program. Walaupun demikian, sasaran yang diinginkan dalam penyelenggaraan Darmasiswa di ISI Padangpanjang, secara pelaksanaan tetap mengacu kepada program yang telah ditentukan oleh Pemerintah Indonesia dan dijalankan oleh ISI Padangpanjang yang mencerminkan kajian ilmiah pokok ‘Seni Rumpun Melayu’ sesuai dengan visi dan misi ISI Padangpanjang” Jelas Kurniasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*