Ratusan Penari Meriahkan WWD

Tari 3Padangpanjang,padangtoday.com-Ratusan penari dari sejumlah perguruan tinggi di Sumatera, ikut memeriahkan peringatan Word Dance Days (WDD) 2015 yang diperingati serentak di tujuh perguruan tinggi seni di Indonesia. Khusus untuk wilayah Sumatera, dipusatkan di Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, baru-baru ini.

Kegiatan peringatan Hari Tari Sedunia yang dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Padangpanjang Mawardi tersebut, juga akan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, seperti pergelaran tari dari sejumlah daerah, Seminar Tara, Lomba Fashion Show, Pameran Fotografi dan Pameran Batu Akik, yang telah dilaksanakan sejak 29-30 April kemarin.

Wakil Wali Kota Padangpanjang Mawardi menyampaikan, peringatan Hari Tari Sedunia atau yang lebih dikenal WDD tersebut. Memberikan makna tersendiri, apalagi Padangpanjang dipilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut untuk wilayah Sumatera.

“Pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan seperti ini, apalagi tamu yang datang dari berbagai daerah juga akan disuguhi oleh pemandangan alam dan kuliner dari kota ini. Kita berharap kegiatan ini juga memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat,” kata Mawardi.

Pada kesempatan itu, Mawardi juga mengajak kepada masyarakat setempat untuk menyukseskan dan memeriahkan kegiatan tersebut. Karena, ISI Padangpanjang sebagai lembaga pendidikan tinggi seni, juga memiliki andil dalam pelaksananaan pembangunan di Kota Padangpanjang.

“Kita juga berencana untuk menjadikan Padangpanjang ini Kota Menari, wacana ini juga tidak terlepas dari keberadaan ISI Padangpanjang. Hendaknya, apa-apa ilmu seni yang dipelajari oleh mahasiswa kita, juga ditularkan kepada masyarakat,” sebutnya.

Mawardi juga berpesan kepada jajaran civitas ISI Padangpanjang untuk terus melakukan pembinaan terhadap sejumlah sanggar-sanggar kesenian yang ada di Padangpanjang.

Rektor ISI Padangpanjang yang diwakili oleh Purek III Firdaus menyebutkan, kegiatan yang diikuti oleh ISI Padangpanjang, Prodi Tari UNP, Prodi Tari Unand Padang, Universitas Islam Riau (UIR) dan Universitas Jambi ini. Merupakan gebrakan baru dalam memasyarakat tari serta memeriahkan Hari tari Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 29 April.

“Selain di ISI Padangpanjang, kegiatan ini juga dilaksanakan serentak di enam perguruan tinggi seni lainnya di Indonesia. Kita berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini juga mendapat dukungan dari pemerintah daerah,” sebut Firdaus yang didampingi Ketua Jurusan Tari Syaiful.

Terpisah, Ketua Pelaksana Kegiatan Dwi Asti Wulanjani ketika ditemui disela-sela kegiatan menyebutkan, kegiatan ini dimeriahkan oleh 500 penari dan pemusik yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Sumatera dan sanggar-sanggar kesenian yang ada di Sumatera Barat.

“Selain acara pembukaan yang dilaksanakan di ISI Padangpanjang, panitia juga menyiapkan serangkaian acara pementasan seni, seminar Tari, Pameran Fotografi dan Pameran Batu Akik dengan lama pelaksanaan kegiatan selama dua hari,” kata dara yang akrab disapa Wulan ini.

Disampaikan Wulan, antusias dari peserta acara juga cukup besar. Apalagi, kedatangan tamu undangan dari sejumlah perguruan tinggi yang ada di Sumatera membuktikan keberadaan ISI Padangpanjang cukup diterima dikalangan mahasiswa dan pelaku seni di Sumatera. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*