RCTI Adalah Stasiun Televisi Dengan Pendapatan Terbesar

Ilustrasi menonton TV

Ilustrasi menonton TV

PADANGTODAY.COM – Meskipun dunia maya popularitasnya meroket tajam, media televisi masih mendapat perhatian besar, terutama bagi marketing iklan. Buktinya, berdasarkan hasil riset AdsTensity di kuartal pertama tahun 2015, tercatat pencapaian-pencapaian hebat di sektor iklan televisi.

Dalam tiga bulan pertama tahun ini, stasiun televisi dengan dengan pendapatan terbesar disabet oleh RCTI. Pendapatan kotor mereka mencapai Rp 2,03 triliun. Di tempat kedua ada SCTV yang menorehkan untung Rp 1,99 triliun, dan MNC TV di tempat ketiga dengan pendapatan Rp 1,59 triliun.

Meskipun RCTI mendapatkan keuntungan terbesar, stasiun televisi tersebut tidak benar-benar menguasai pasar iklan televisi tanah air. Dengan penghasilan Rp 2,03 triliun, RCTI ‘hanya’ menguasai 14,85 persen iklan televisi nasional. Angka itu tidak berbeda jauh dengan SCTV di tempat kedua dengan prosentase 14,71 persen.

Nah, apabila RCTI menjadi stasiun televisi yang paling untung, maka brand Sampoerna Mild lah yang paling royal dalam berinvestasi. Total dana yang dikeluarkan oleh Sampoerna Mild di kuartal pertama 2015 mencapai Rp 223,8 miliar. Menariknya, pengeluaran Sampoerna baru digenjot di bulan Februari hingga Maret. Sementara di bulan Januari mereka hanya menghabiskan Rp 29 miliar.

Walaupun Sampoerna menduduki posisi puncak brand dengan belanja tertinggi, bukan berarti industri rokok adalah yang paling besar pengeluarannya di