Rektor: KALANGAN MAHASISWA BISA TANGKAL HOAX

Padang-today.com – Rektor Universita Andalas Prof. Tafdil Husni menyatakan, kalangan kampus terutama mahasiswa dan dosen untuk bisa menangkal berita-berita hoax.

“Kampus tidak mengajarkan mahasiswa ataupun dosen menyebarkan hoax, kampus harus bebas hoax,”tegas Tafdil Husni di Padang.

Ia menjelaskan,mahasiswa saat ini harus mampu menyingkirkan hoax dari seluruh lini kehidupan baik individu maupu sosial sekalipun.

“Serangan hoax di media masa perlu di tangkal oleh mahasiswa dan pemuda, karna mengadu domba dapat mencederai persatuan dan kesatuan kita,”ungkapnya.

Era digitalisasi sekarang ini berita-berita hoax dengan mudah tersebar di dapat semua kalangan, baik mahasiswa, dosen serta pelajar.

“Informasi yang bersifat hoax menyebar dengan cepat baik melalui saluran media sosial maupun grup di aplikasi chatting, misalnya WhatsApp, BlackBerry Messenger, dan masih banyak lagi,”jelas Tafdil.

Tafdil menambahkan, mahasiswa untuk mengetahui kebenaran saat menerima broadcast sebelum menyebarkan kembali kepada orang lain. Pasalnya, selama ini berita hoaks tersebar berdasarkan kecepatan daripada kebenarannya.

“Harus tahu juga dampak dari penyebara isi informasi yang diterima sebelum disebar, juga harus cermat pula dalam memberi komentar dari informasi yang diterima tersebut,”katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*