Rektor UNP: Alumni PPG-SM3T Bisa Jadi Pendidik di Negara Asean

Rektor UNP Prof Ganefri PhD

Rektor UNP Prof Ganefri PhD

Padang, PADANG-TODAY.com-Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri PhD meminta para mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di Daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (PPG SM-3T), dapat memanfaatkan peluang praktek mengajar di Sabah, Johor Bahru, dan Mindanao, Philipina dan Thailand serta negara Asean lainnya.

Peluang ini seiring dengan kualifikasi akademik yang dimiliki diantaranya kemampuan berbahasa Inggris.

Pada pembukaan Sosialisasi PPL untuk mahasiswa PPG-SM3T, Kamis (6/7) di Gedung Serbaguna FT UNP, PPL PPG-SM3T diikuti 206 orang mahasiswa. Rektor UNP, Ganefri mendorong alumni UNP untuk berpacu meningkatkan mutu dan kualitas diri.

“Kini keadaan sudah berubah. Profesi guru menjadi rebutan. UNP menjadi rebutan calon mahasiswa” ujar Ganefri

Di Gedung Serbaguna FT UNP, Rektor UNP yang mantan Ketua Kopertis Wilayah X ini mengajak mahasiswa PPG-SM3T agar berani menunjukkan jati diri sebagai calon guru pendidik tunas-tunas muda. Bahkan, 206 mahasiswa UNP yang mengikuti program ini, berani tampil beda dengan seragam kuliah baju putih celana hitam dengan sepatu pantofel hitam.

“Saya bangga melihat kalian. Saya yakin dunia pendidikan akan lebih baik lagi sebab dijalankan oleh mereka yang benar-benar memilih profesi guru sejak dini,” ujarnya

Selain itu, Rektor UNP mengungkapkan profesi guru dimasa mendatang akan menjanjikan secara ekonomi.Karena PPG-SM3T tidak saja menjadi guru di Indonesia, tetapi juga bisa menjadi guru bagi anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di perbatasan seperti Sabah, Johor Bahru, dan Mindanao, Philipina dan Thailan.

Sementara Ketua LP3M UNP Dr.Edwin Musdi, menjelaskan tujuan program PPG-SM3T adalah menghasilkan calon guru yang memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran. “Kegiatan PPG SM-3T meliputi pendidikan karakter di asrama dan pendidikan akademik di kampus dan sekolah. PPG SM-3T di UNP merupakan penugasan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) pada program berbagai bidang studi.

“Program PPG SM-3T adalah program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan selama satu tahun yang diperuntukkan bagi para Sarjana Pendidikan yang sebelumnya ditugaskan selama satu tahun di daerah 3T,” jelas Dr.Edwin Musdi didampingi sekretaris LP3M, Bahrul Amin.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*