Rencana Pembangunan Tarok City, Komisi III DPRD Sumbar Kunjungi Padang Pariaman

Padang-today.com___Komisi III DPRD Sumbar mengunjungi Kabupaten Padang Pariaman, Selasa(24/6) lalu terkait pembangunan di kawasan Pendidikan Tetpadu Tarok City.

Selain berdiskusi panjang di ruang kerja Bupati Padang Pariaman, H Ali Mukhni, rombongan legislatif yang membidangi keuangan dan aset tersebut turut melakukan tinjauan lapangan ke Kawasan tersebut yang berada di Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam.

Berbagai gagasan dan masukan muncul saat diskusi Komisi III DPRD Sumbar dengan H Ali Mukhni.

Misalnya menjadikan Padang Pariaman sebagai daerah pendidikan di Sumbar. Lalu ada juga yang mengharapkan Tarok City menjadi Kawasan Ekonomi Khusus.

Ketua Komisi III DPRD Sumbar H Murdiani mengatakan bahwa kunjungan pihaknya untuk mengetahui lebih jauh tentang Tarok City.

“Kami (meninjau tarok city) ingin tahu gagasannya seperti apa, dan apa azas manfaatnya,” ujar Murdani.

Kata Murdani, Komisi III DPRD Sumbar memang datang secara formal ke Padang Pariaman. Artinya, sebelum berkunjung pihaknya telah menyurati pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

“Komisi ini kan mitra kerjanya bidang asset. Mana tahu suatu saat itu (Tarok City) jadi asetnya Provinsi Sumbar. Makanya kita tertarik melihat langsung,” lanjutnya.

Setelah meninjau langsung, imbuh Murdani, pihaknya dapat memahami Tarok City ternyata sebuah konsep pengembangan kawasan. Bahkan, menurutnya Tarok City bisa dijadikan proyek masa depan.

“Kalau dilihat prospektif, itu prospek. Karena itu kan menjadikan Kota Satelit, menjadikan daerah baru yang diisi dengan perguruan tinggi, rumah sakit, dan banyak lagi,” kata Murdani.

Ia juga mengatakan, sepanjang program tersebut sudah mengikuti aturan yang berlaku, pihaknya akan terus memberikan dukungan.

Terlebih lagi program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami belum melihat ada efek samping keberadaan kawasan itu,” pungkasnya.

Menyikapi hal itu, H Ali Mukhni mengatakan, lahirnya Tarok City memang karena tekadnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tak heran, Bupati peraih Satya Lencana Pembangunan tersebut bekerja keras siang-malam untuk menyukseskan program fenomenal itu.

Untuk itu, ia berharap dukungan penuh seluruh pihak untuk menyukseskan Tarok City.

“Tarok City ini tidak untuk kita yang hidup sekarang saja, tetapi akan bermanfaat bagi anak hingga cucu kita nanti. Bayangkan saja, di sana akan dibangun kampus, rumah sakit, gedung diklat, perkantoran, hingga kawasan wisata,” ujar Ali Mukhni.

Dalam kunjugan tersebut Murdani didampingi Wakil Ketua Komisi III Supardi, Sekretaris Komisi III H Indra Dt Rajo Lelo, serta Anggota Komisi III Dprd Sumbar, yakni H Liswandi, H Yulfitni Djasiran, H Iswandi Latief, Bukhari Dt Tuo, H M Syafril Huda, H Djunaidi Boer. (Herry Suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas