Residivis Pencuri Ternak Kembali di Cokok Polisi

Tersangka penculik kambing berfoto dengan kambing hasil curiannya.

Tersangka penculik kambing berfoto dengan kambing hasil curiannya.

Advertisements

Agam, PADANGTODAY.com-Baru 3 bulan menghirup udara bebas, seorang Residivis spesialis pencuri ternak, kembali harus berurusan dengan pihak kepolisian, kali ini Rudi (19) warga Kampung Pilubang Jorong Pudung Kenagarian Bawan Kecamatan Ampek Nagari, tak bisa berkutik saat ditangkap oleh jajaran Polsek Ampek Nagari beserta satu ekor kambing hasil curiannya, Senin (24/11) sekitar pukul 06:00 WIB.

Awalnya pelaku melancarkan aksinya di kandang kambing milik Jalius Jalin (50) warga kampung Pancang Basi, Jorong Pudung, Nagari Bawan, denga dibantu oleh dua orang rekannya yang sampai saat ini masih buron. Pada saat melakukan pencurian ternak kambing, pelaku menggunakan satu unit mobil Avanza yang di rental di Lubukbasung, namun aksi mereka dipergoki oleh beberapa pemuda sehingga pelaku menurunkan kambing yang dicurinya di jalanan dan langsung kabur, namun warga mengenali mobil yang digunakan pelaku sehingga langsung melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib.

Menerima laporan adanya pencurian ternak, pihak kepolisian sektor Ampek Nagari langsung melakukan pengejaran sehingga berhasil meringkus Rudi yang sedang bersembunyi dengan mobil rentalnya di kawasan perkebunan sawit, sementara dua rekan rudi yang diketahui bernama Riko (30) dan Boren (35) berhasil melarikan diri.

“berdasarkan laporan dari masyarakat, anggota kita langsung melakukan pelacakan dan menemukan pelaku yang bersembunyi dengan mobil yang digunakan pada saat mencuri ternak di kawasan perkebunan sawit, Senin pagi. Pada saat itu kita hanya menemukan satu orang pelaku di dalam mobil atas nama Rudi, dan lansung kita bawa ke Mapolsek Ampek Nagari. Sesampai di kantor, kita melakukan pemeriksaan terhadap mobil yang digunakan pelaku, dan kita temukan banyak bulu kambing berserakan di dalam mobil, kemudian kita lakukan penggeladahan lagi sampai ditemukannya satu paket ganja yang disembunyikan tersangka dibawah jok mobil ” kata Kapolres Agam, AKBP Eko Budhi Purwono melalui Kapolsek Ampek Nagari AKP Bustanul Alamsyah.

Sementara itu, kedua rekan Rudi melarikan diri pada saat petugas melakukan penangkapan di kediaman mereka, Senin dini hari, mengetahui petugas datang, mereka langsung melarikan diri lewat pintu belakang dan masih dalam pengejaran pihak kepolisian. Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan satu unit mobil avanza yang digunakan pelaku, serta satu ekor kambing hasil pencurian dari komplotan tersebut.

Saat ini tersangka diserahkan kepada pihak Satnarkoba Polres Agam untuk penyelidikan terkait kepemilikan daun ganja yang ditemukan di dalam mobil pelaku pencuri ternak tersebut. sedangkan tersangka dijerat dengan pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman penjara paling lama lima tahun, serta pasal 111 ayat 1 tentang Narkotika dengan ancaman penjara sepuluh tahun.(martuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*