Resolusi Mental Dana Kurnia Surveyor Dompet Dhuafa Singgalang

teropong-(4)

Advertisements

PADANGTODAY.COM-Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat atas permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang). Resolusi adalah tujuan atau sesuatu yang hendak dicapai untuk tahun-tahun ke depan. Resolusi adalah ketetapan hati, yaitu sebuah kebulatan tekat untuk mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yang berbeda dengan yang sudah-sudah. Sebuah semangat untuk bertindak sesuatu yang mendasar dalam kehidupan seseorang, yang pengaruhnya sangat besar dalam kehidupan seseorang sepanjang tahun yang akan di jalaninya.

Sekarang kita mulai memasuki babak baru di tahun 2015 dan semoga masing-masing dari kita sudah mempunyai planning yang matang untuk menyongsong tahun baru ini. Lembaga Kemanusiaan Dompet Dhuafa tahun 2015 ini akan lebih memprioritaskan program pemberdayaan ekonomi dan pendidikan. Program Kesehatan dan sosial akan menjadi program pendukung.

Mengapa demikian? Selain karena prediksi jumlah angka kemiskinan yang diperkirakan meningkat pada tahun 2015, Dompet Dhuafa menilai pemberdayaan ekonomi merupakan faktor utama dalam memberantas kemiskinan. Jika ekomoni diperbaiki maka akan mengubah kemiskinan menjadi kemampuan dan akan mengubah taraf hidup kaum dhuafa. Kaum dhuafa harus bermental tangguh dalam usaha memperbaiki hidupnya.

Untuk program unggulan kedua yakni dalam bidang pendidikan. Menurut Ahmad Juwaini, penyebab kemiskinan lainnya dikarenakan kaum dhuafa tidak memperoleh pekerjaan yang bagus karena pendidikan mereka yang tidak sesuai dengan kriteria perusahaan. Untuk itu, melalui program beasiswa yang diberikan oleh Dompet Dhuafa maka kaum dhuafa yang berperstasi dapat melanjutkan pendidikan sehingga mereka dapat bekerja di perusahaan yang bagus dan gaji yang diperoleh dapat memenuhi kebutuhan.

Dan tentunya keberhasilan kedua program unggulan yang akan dijalankan oleh Dompet Dhuafa itu tidak terlepas dari dukungan dari semua lini. Baik itu sokongan dari pihak pemerintah maupun dukungan individu tim dan para donatur.

Tahun 2015 dijadikan momentum Move On. Dua program unggulan Dompet Dhuafa menyiratkan bahwa resolusi untuk membangun mental dhuafa yang baik harus segera dieksekusi. Mental dhuafa yang senantiasa berjuang untuk kehidupan dunia akhirat yang lebih baik dibangun melalui program pemberdayaan dan pendidikan. Tetaplah berusaha, berdoa dan bertawakal kepada Allah Swt. (dil*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*