PORPROV XIV Sumbar Ditabuh, Ribuan Atlet Nasional Akan Lahir

aksiPADANG.TODAY.COM-Ribuan atlet masa depan Sumatera Barat memeriahkan sermonial pembukaan Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov) ke XIV tahun 2016 yang digelar di Stadion Agus Salim, 19 November. Kemeriahan makin tergambar saat Gubernur Sumbar Irwan Prayitno membuka mulitieven dua tahunan ini.
Pesta kembang api, tari massal, atraksi marching band terbaik Sumatera Barat dari IPDN Baso, gandang tasa, serta puncaknya penampilan grup band asal Jakarta, J-Rocks, menjadikan pagelaran multieven terbesar di Ranah Minang ini salah satu yang paling meriah selama pelaksanaannya.
Irwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan, Sumbar merupakan daerah yang memiliki atlet berbakat. Terbukti, ketika Sumatra Barat meraih peringkat 10 besar di ajang 4 tahunan PON Jawa Barat XIX. Selain itu, potensi atlet Sumatra Barat masih belum tergali dan merupakan tanggungjawab kita bersama.
“Daerah ini memiliki potensi atlet yang cukup banyak dan harus bisa menggali potensi mereka dan meraih prestasi terbaik, baik itu di tingkat Nasional ataupun Internasional. Iven ini langlkah awal untuk melahirkan atlet nasional asal Sumbar,” ucapnya.
“Kita juga bangga dan senang dengan para kontingen yang akan berlaga menggapai prestasi olahraga demi nama baik daerah masing-masing. Namun dari kesemua pertandingan dan perlombaan dalam Porprov ke XIV ini yang mesti diutamakan oleh para kontingen dan atlit adalah sikap dan nilai-nilai sportivitas, berani menerima kekalahan. Usai bertanding bangun silaturrahmi dengan baik. Karena menjaga silaturrahmi itu sebagai sikap sebagai satu bangsa dalam NKRI yang hebat,”ucap Gubernur.
Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Yuni Poerwanti, yang menggantikan Menpora Imam Nahrawi, takjub dengan kemeriahan opening ceremony tersebut. “Dengan adanya iven ini, potensi atlet yang ada di daerah bisa berkembang baik. Mereka akan dapat bersaing di tingkat provinsi dan Nasional nantinya,” kata Yuni dalam sambutannya.
Walikota Padang, Mahyeldi Ansharulah mengatakan, sebagai tuan rumah Porprov ke-14, Padang mendapatkan kehormatan yang tak terkira. Disisi lain, semoga iven ini bisa membawa dampak positif pada perekonomian di Kota Padang.
“Selaku tuan rumah, kami akan melaksanakan dengan baik. Memberikan pelayanan kepada kontingen. Para atlet juga agar menjunjung sportifitas, ” pungkas Mahyeldi.
Hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Menpora RI Yuni Purwati, Ketua DPRD Sumbar diwakili Ketua Komisi I Drs. Aristo Munandar, Forkopimda Sumbar, Ketua KONI Syaiful,SH, Ketua Kadin Budi Syukur, Walikota Padang Mahyeldi, Wawako Emzalmi, Bupati/Walikota, Ketua DPRD se Sumatera Barat. (can)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*