RIKI DONALS : KEGAGALAN USAHA CAMBUK UNTUK SUKSES

Padang,Padang-today.com -Orang Minang dikenal sebagai suku perantau yang tangguh. Mereka merantau ke seluruh pelosok tanah air dari Sabang sampai Merauke. Bahkan tidak sedikit yang merantau sampai ke luar negeri. Oleh karena itu, tidak aneh bila kita dapat dengan mudah menemukan orang Minang di berbagai wilayah tanah air dan mancanegara.

Salah satu anak muda berdarah Minang yang sukses berkarya di perantauan yakni Riki Donals. Riki berdarah Minang kelahiran Tanah Datar sudah mulai menyeriusi karirnya di dunia ritel serta beberapa bisnis lain ditempuh dengan penuh perjuangan dan kerja keras seiring majunya mundurnya perekonomian di Indonesia.

“Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya disadari betul oleh orang Minang. Kegagalan bisa dijadikan peluang.Ini mungkin yang menempa anak muda Minang untuk nggak pengecut menghadapi kegagalan,”kata Riki Donals salah seorang pengusaha berdarah Minang.

Ia menjelaskan, masyarakat minang tipenya cepat belajar. Mereka akan suka rela belajar dari pengalaman kesuksesan seseorang dan tentunya juga belajar dari setiap kegagalan yang ditemui, sehingga tidak akan terjadi kesalahan dua kali.

“Pribahasa di atas merupakan pijakan semangat pantang menyerah. Semua akan dilakukan untuk sebuah perjuangan dalam berusaha, baik menuntut ilmu, berdagang, atau pekerjaan lainnya,”ujarnya.

Orang minang bahwa ketika sedang menghadapi kesulitan atau kegagalan, harus kreatif mengubah kesulitan maupun kegagalan menjadi peluang. “Jadi tak heran apabila banyak orang minang yang sukses diperantauan karena mengimplentasikan nasehat ini didalam dunia bisnis,”imbuh Riki Donals.

Ia mengatakan, orang Minang sudah dididik untuk menjadi pribadi yang tangguh dan berani menghadapi tantangan. Mereka juga diajari untuk tidak ciut nyali ketika mengalami kegagalan karena selalu ada hikmah di baliknya.

Maka dari itu kegagalan bukan dianggap sebagai momok, yang seringkali menghalangi orang untuk mencoba hal-hal baru. Padahal di tanah rantau, keberanian mencoba hal-hal baru adalah modal utama untuk bisa berhasil bertahan hidup.

“Adapun kisah sukses dari orang terdahulu, mereka jadikan panutan. Mereka nggak gengsi untuk terus belajar dan berguru dari orang sukses,”katanya.

Kesuksesan orang minang dirantau banyak yang berdagang. Saatnya untuk membangun kampung halaman, agar roda perekonomian meningkat.

Sumbar sangat butuh investor terutama orang minang di rantau sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi di provinsi itu.

“Banyak bisa di perbuat pemuda minang di perantuan untuk membangun di kampung halaman, investor masuk ke Sumbar dengan sendrinya pengangguran berkurang tidak kriminalitas bisa diatasi,”imbuh Riki.(deri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas