Riza Falepi: Kantor Baru Camat Payakumbuh Utara Dibangun, Pelayanan Harus Lebih Baik

Walikota Payakumbuh H Riza Falepi datangi Peletakan Batu Pertama Kantor Camat Payakumbuh Utara.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan Kantor Camat Payakumbuh Utara yang berlokasi di RT 01/RW 02 Kelurahan Tigo Koto Diate, Rabu (28/8/2019) pagi. Turut mendampingi Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten III Setdako Amriul Dt. Karayiang beserta sejumlah kepala perangkat daerah.

Rombongan disambut Camat Payakumbuh Utara Nurdal beserta jajaran, Ketua KAN Koto Nan Gadang A. Dt. Patiah Baringek beserta para niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Ketua KAN Koto Nan Gadang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh dengan dibangunnya kantor camat baru yang diproyeksikan menjadi kantor camat termegah di Kota Payakumbuh.

Dikatakan, berbagai pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah Kota di Kecamatan Payakumbuh Utara telah membantu meningkatkan ekonomi warga.

“Atas nama warga Koto Nan Gadang kami mengucapkan terima kasih atas pembangunan kantor camat baru, tidak hanya kantor camat, Pemko juga sudah membangun dan memperlebar jalan dibeberapa titik, ini telah membawa dampak ekonomi bagi warga Koto Nan Gadang, terima kasih Pak Wali,” ujar Dt. Patiah Baringek.

Senada, Camat Payakumbuh Utara juga mengungkap berbagai proyek pembangunan strategis yang telah, sedang dan akan berlangsung di Payakumbuh Utara. Camat juga menyinggung adanya partisipasi warga sehingga berbagai proyek tersebut bisa terlaksana.

“Alhamdulillah, akses menuju Kantor Camat baru kita ini  nantinya akan semakin mudah dengan adanya wakaf dari salah seorang warga kita yaitu ibu Zainarlen dan Iqbal berupa tanah seluas 1900 meter persegi, terima kasih kepada beliau berdua,” tutur Camat Nurdal.

Sementara Walikota Riza Falepi menegaskan bahwa pembangunan kantor camat yang baru harus diikuti dengan peningkatan kualitas pelayanan. Dengan semakin tingginya tingkat kesejahteraan pegawai di Pemko Payakumbuh, maka tidak ada alasan lagi untuk bermalas-malasan dan tidak prima dalam memberi pelayanan.

“Tidak hanya menyiapkan kantor baru, kita juga melakukan staffing (penataan staf, red) yang baik disetiap kelurahan dan kecamatan sehingga bisa memberi pelayanan terbaik, termasuk juga mendukung pengangaran di Kelurahan,” ujar Walikota.

“Hari ini kita sudah tambah alokasi anggaran kelurahan hingga ratusan juta per kelurahan, silahkan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama,” terang Walikota Riza.

Diungkap Walikota, kedepan kawasan Padang Kaduduak akan menjadi pusat pertumbuhan kota yang baru. Disamping keberadaan pasar traditional dan sentra IKM Randang yang sudah duluan berdiri, pihaknya akan membangun sejumlah fasilitas perkantoran dan fasilitas penunjang lainnya.

“Kita juga akan bangun pusat literasi dan perpustakaan adat Luak Limo puluah Dan Minangkabau, sehinga orang yang akan belajar adat minang, mereka akan datang kesini. Kawasan ini akan menjadi ramai,” tambah Walikota.

Dikatakan, pihaknya juga akan membangun kantor Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, BPBD, Satpol PP dan Damkar. Kemudian juga akan dibangun dikawasan tersebut terminal sago dan juga kampus Universitas Negeri Padang (UNP) khusus program studi Kuliner Minang serta sejumlah sarana olahraga dan gedung pertemuan.

“Oleh karena itu, saya minta dukungan bapak ibu agar semua rencana pembangunan tersebut bisa terselenggaranya dengan baik, termasuk kesediaan menjual lahan kepada Pemko atau bahkan hibah dan wakaf seperti yang dilakukan buk Zainarlen, kami sangat mengapresiasi,” ujarnya.

Pemerintah Kota Payakumbuh sendiri mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 2,8 milyar untuk pembangunan kantor Camat Payakumbuh Utara dengan waktu pengerjaannya selama 120 hari. Pihaknya melalui pemerintah kecamatan telah mengusulkan anggaran tambahan pada APBD T.A 2020 untuk melengkapi berbagai fasilitas pendukung.

“Kita memang proyeksikan kantor camat ini menjadi kantor camat termegah di Payakumbuh. Hal ini wajar karena status sebagai kantor baru dimana bangunan dan fasilitas harus lebih baik dari kantor camat yang sudah ada,” pungkas Walikota Riza.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas