Ruas Jalan Duku-Sicincin Bakal Buka Keterisoliran Daerah

 

Padang-today.com__Kehadiran ruas jalan Lingkar Duku-Sicincin diyakini bakal sangat berdampak luar biasa terhadap pengembangan potensi daerah yang ada di  sepanjang ruas jalan alternatif yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukttinggi, Sumbar, itu.

Selain itu, juga kehadiran ruas jalan Duku-Sicincin terebut juga sangat berpeluang membuka keterisoliran daerah di sekitarnya. Dengan alasan itulah masyarakat Nagari Sicincin pada khususnya sangat antusias menyambut rencana pembangunan ruas jalan dengan lebar 30 meter lebih itu.

“Karena dengan hadirnya ruas jalan lingkar Duku-Sicincin itu nantinya, maka sejumlah daerah di Nagari Sicincin, seperti Ladang Laweh dan sekitarnya akan bisa berkembang sedemikian rupa.Termasuk diantaranya sejumlah potensi wisata yang terdapat di Korong Ladang Laweh Nagari Sicincin, juga nantinya akan semakin berkembang dengan sendirinya,” kata Walinagari Sicincin, Kecamatan 2 X 11 Enam Lingkung, H Nurkhalis dihubungi di ruang kerjanya baru-baru ini.

Dengan alasan itu pula sebutnya, masyarakat Nagari Sicincin pada akhirnya mau merelakan lahan milik mereka untuk keperluang dan kepentingan pembangunan ruas jalan Duku Sicincin dimaksud, meski tanpa ada ganti rugi lahan sama sekali.”Karena itulah kita tentunya sangat berharap agar kiranya Pemerintah Provinsi bisa sesegeranya merealisasikan pembangunan ruas jalan Duku-Sicincin tersebut, karena masyarakat sudah cukup lama menunggu kapan ruas jalan itu segera dibangun seperti pernah dijanjikan sebelumnya,” kata dia.

Sangat banyak dampak positif yang bisa dinikmati oleh masyarakat Sicincin dari rencana pembangunan ruas jalan Duku-Sicincin dimaksud. Diantaranya lahan di sepanjang proyek pembangunan ruas jalan Duku Sicincin itu nantinya akan bisa berkembang menjadi kawasan pemukiman baru, ataupun kawasan pembangunan usaha dan industri baru di Padang Pariaman.

Dengan begitu dampaknya akan menghasilkan multi player effect yang sangat luar biasa terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di daerah itu. “Jadi artinya peluang ekonomi baru akan sangat terbuka bagi masyarakat dengan kehadiran ruas jalan Duku Sicincin tersebut. Begitu pula potensi wisata yang banyak terdapat di Korong Ladang Laweh tentunya juga akan semakin terbuka dengan sendirinya, sehingga nantinya akan berkembang menjadi salah satu destinasi wisata pavorit di Padangpariaman dan Sumbar pada umumnya,” terangnya.

Seperti diketahui, pemandangan panorama alam di Korong Ladang Laweh Nagari Sicincin selama ini terbilang sangat indah untuk dikembangkan sebagai objek wisata baru. Terlebih di kawasan itu juga terdapat air terjun sarasah yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan.

“Permasalahannya saat ini akses untuk menuju objek air terjun Sarasah tersebut belum begitu memadai. Makanya kita berharap agar ke depan akses jalan menuju objek wisata di kawasan itu bisa dibangun oleh pihak terkait, khususnya oleh jajaran Dinas Pariwisata Kabupaten Padangpariaman,” harapnya. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas