Rumah DataKU Takjubkan Rombongan Danau Kembar

Padangpanjang, TODAY–Sebanyak 55 orang rombongan Kampung KB Pesona Danau Dibawah , Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok mengaku takjub dengan Rumah DataKU Kampung KB Koto Katik.

Mereka ingin memiliki rumah data kependudukan seperti yang dimiliki Kampung KB Percontohan Kota Padang Panjang ini.

Perasaan takjub itu disampaikan rombongan saat mendatangi Koto Katik, siang tadi untuk kegiatan studi tiru. mereka disambut Lurah Koto Katik, Syafriman Thaib, Kasi KB, Penggerakan dan Informasi Dinas Sosial PPKB PPPA Padang Panjang, Upit Harnita, PKB pembina wilayah Koto Katik, Maryulis Max, pengurus Pokja Kampung KB Koto Katik dan pengurus Rumah DataKU.

Yang membuat takjub rombongan ini, seperti diutarakan Koordinator PKB Kecamatan Danau Kembar, Febri Maidori, selain display datanya bagus, juga manajemen pengelolaannya yang luar biasa. Karena banyak inovasi yang dilakukan di sini. “Kami ingin meniru pencapaian Kampung KB Koto Katik ini,” sebutnya.

Di Kabupaten Solok sendiri dari 14 kecamatan, 74 Nagari, mereka sudah memiliki 32 Kampung KB dan sudah memiliki rumah DataKU. Namun diakui, belum sebagus Rumah DataKU Kampung KB Koto Katik.

“Karena itulah kami berkeinginan belajar kemari. Studi tiru, bukan studi banding. Tidak ada yang bisa dibandingkan dengan apa yang telah dicapai Koto Katik ini,” jelasnya.
Lurah Syafriman Thaib menyebutkan, pencapaian Koto Katik seperti ini tidak terlepas dari kekompakan kader dalam menggerakkan kegiatan KKBPK di Koto Katik.

“Kuncinya ada pada kebersamaan dan komitmen yang dikembangkan PKB pembina wilayah kepada kader dan masyarakat. Kami dari kelurahan hanya memfasilitasi,” tutur lurah.

Kabupaten Solok, sudah mengirim 4 rombongan studi tiru ke Koto Katik. Di antaranya Pokja Kampung KB Balai Oli, Nagari Jawi-Jawi, Kampung KB se-Kecamatan Kubung, Kampung KB Koto Gadang, dan Kampung KB Pesona Danau Dibawah ini. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas