Rumah H Esa, Ketua Pedagang Ludes

KEBAKARAN DI JLAN SYUHADA PAYAKUMBUH

KEBAKARAN DI JLAN SYUHADA PAYAKUMBUH

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Sebuah rumah di pusat pasar Payakumbuh habis hangus terbakar. Rumah yang berada di jalan Syuhada Kelurahan Parak Batuang Payakumbuh, dilalap api, Jumat malam akhir pekan lalu. Jika petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh tidak cepat memadamkan api, dipastikan kelurahan Parak Batuang yang bangunan rumah tokonya sangat rapat, akan habis.

Kejadian berawal dari korsleting listrik pada bangunan semi permanen yang dihuni Mela (30) adik H Esa bersama suaminya Bobi sekitar pukul 21.15 WIB. Rumah bagian atas yang terdiri dari bangunan kayu, dengan cepat dilalap api. Api menjalar pada bangunan kedai yang berada di sisi kanan bangunan.

Cepatnya api menjalar, dua unit sepeda motor, tidak sempat terselamatkan. Demikian juga dengan barang-barang elektronik, juga ludes dilalap api. Kerugian diperkirakan mencapai Rp.200 juta. Tidak ada kerugian jiwa dalam peristiwa itu.

H Esa yang berada di lokasi kejadian. Ia mengetahui rumahnya terbakar, setelah dihubungi adiknya itu.
“Saya tahunya juga ditelepon adik saya. Untung api cepat dipadamkan. Sehingga tidak menjalar kebangunan sebelah,“ kata H Esa yang juga Ketua Ikatan Pedagang Pasar Payakumbuh itu.

Di tengah api membara, lima mobil pemadam kebakaran dari Payakumbuh dan Limapuluh Kota yang terletak tidak jauh dari lokasi, langsung berupaya memadamkan api.

Rumah toko di sebelahnya yang dihuni H Jendrial, mantan Ketua DPRD Payakumbuh, juga berada persis di sisi kanan kejadian, selamat. Karena pertolongan cepat datang, bangunan ruko disisi kiri dan kanan terselamatkan.
Tidak lama, Kapolres Payakumbuh, AKBP Yuliani bersama Komandan Polsek Kota Payakumbuh AKP Basrial terlihat datang ke lokasi kejadian. Termasuk sejumlah petinggi Kota Payakumbuh yang mengetahui kejadian, terlihat menyaksikan.

Kebakaran Tanjungjati

Sebelumnya, sebuah kebakaran juga terjadi di Tanjungjati. Api sempat melahap studio foto Dafit dan 3 toko di sebelahnya di Jorong Tanjung Jati, Nagari Tujuah Koto Talago, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (21/1) lalu, 10.30 WIB. Sementara satu orang mengalami luka bakar bernama Wira, langsung dibawa ke RSUD Achmad Darwis Suliki guna mendapatkan pertolongan.

Empat petak toko yang terbuat dari papan dan kayu itu, dimiliki oleh Wirman (64), pensiunan yang tinggal di Tanjung Jati. Sementara pengontrak toko; Dafit Foto, Yadi, Riri, dan Raman turut menjadi korban materi sebab isi dagangan dan alat kerja mereka yang habis terbakar.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*