Saat Ini Operator Telekomunikasi Sedang Melakukan Penataan 4G LTE

Ilustrasi

Ilustrasi

PADANGTODAY.COM – Saat ini operator telekomunikasi sedang melakukan penataan 4G LTE di frekuensi 1.800 Mhz. Ditargetkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, akhir tahun 4G LTE sudah bisa dikomersialisasikan.

Terkait hal itu, Indosat sebagai anak usaha Ooredoo telah memiliki road map untuk menggelar layanan komersialisasi di teknologi itu. Dalam road map tersebut, nantinya akan jelas Indosat akan melakukan strategi seperti apa untuk menggelar layanannya. Kendati begitu, Division Head Network Optimization Indosat, Joko Riswadi enggan membeberkan strategi itu.

“4G itu masih main mata antaroperator. Maksudnya, itu strategi masing-masing. Gak mungkin saya beberkan dong,” ujarnya seusai acara media drive tes jaringan Indosat Tegal-Pekalongan di Pekalongan, Selasa (16/06).

Yang jelas, kata dia, acuannya adalah kota-kota besar yang telah dimodernisasi jaringannya beberapa waktu lalu di tahap pertama. Misalnya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Bali, Banjarmasin, dan Balikpapan.

“Kami tidak bisa sebutkan di mana dan berapa jumlah kota yang akan dibuka layanan LTE di sepanjang tahun ini. Namun, kota-kota yang memang memiliki trafik layanan yang tinggi,” tutup Joko.

(bbo/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*