Safari Ramadhan: Ompang Tanah Sirah Pinta MCK Plus, Talang Terima Bantuan Tikar Shalat

Lurah Talang menrima bantuan tikar shalat dari TSR Kelompok V Payakumbuh dipimpin Kapolresta Payakumbuh yang diwakili Kasat Bimas AKP Yanisman SH di Masjid Muflihin, Senin (13/6).

Lurah Talang menrima bantuan tikar shalat dari TSR Kelompok V Payakumbuh dipimpin Kapolresta Payakumbuh yang diwakili Kasat Bimas AKP Yanisman SH di Masjid Muflihin, Senin (13/6).

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Betapa tidak disia-siakannya kehadiran Tim Safari Ramadhan (TSR) I Payakumbuh oleh warga Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Payakumbuh Utara. Warga Ompang Tanah Sirah melalui pengurus masjid, menyampaikan permintaannya akan infrastruktur pada TSR  yang dipimpin Walikota Payakumbuh diwakili Kepala Bappeda H. Rida Ananda, saat bertaraweh di Masjid Baiturrahman, Senin (13/6).

“Tanah sudah kami sediakan. Tinggal lagi, biaya pembangunannya. Kami berharap, Pemko bersedia membangun MCK Plus, untuk meningkatkan fasilitas umum di majid ini. Kehadiran MCK itu, sangat diharapkan jemaah dan warga kelurahan,” ucap Adek, pengurus Masjid Baiturrahman Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Payakumbuh Utara.

Ikut dalam rombongan TSR kelompok I ini, Ketua KPU Hetta Membayu, Kepala BPJS Payakumbuh Dahidin, Kabid Pengairan Muslim, Kabag Kesra Setdako Davitra, serta penceramah agama H. Rusli, S.PdI.

Tidak hanya berkunjung, TSR juga membawa bantuan berupa dua gulung tikar shalat untuk masjid.

Selain meminta pembangunan MCK Plus, jemaah setempat juga memohon pembangunan normalisasi Sungai Batang Sinamar yang melewati kawasan Ompang Tanah Sirah. Menurut warga, jika hujan deras tiba,  kelurahan mereka sering dilanda musibah banjir. Akibatnya, ratusan hektar sawah dan puluhan hektar tanaman holkultura lainnya, serta kolam ikan jadi musnah.

Menanggapi permintaan warga, Kepala Bappeda Rida Ananda, menyampaikan sejumlah proyek Pemko Payakumbuh yang tahun ini tengah dikerjakan. Mulai tahun ini, tutur Rida, sudah dimulai penataan dan normalisasi sejumlah sungai-sungai besar di Payakumbuh, seperti Sungai Batang Agam dan Batang Lampasi. Jika pembangunan ini rampung, akan meminimalisir banjir di Payakumbuh.

Untuk pembangunan MCK Plus, sebut Rida Ananda, agar diajukan lewat kegiatan Musrenbang kelurahan, kecamatan.

“Kalau memang sudah menjadi skala prioritas, tentu akan menjadi perhatian Pemko,” katanya.

Sebelumnya, jemaah dimanjakan dengan tausyiah Ramadhan, menjelang pelaksanaan taraweh, yang disampaikan Buya H. Rusli.

Di tempat lain pada malam yang sama, TSR Kelompok V dipimpin Kapolresta Payakumbuh yang diwakili Kasat Bimas AKP Yanisman SH mengunjungi Masjid  Muflihin di Kelurahan Talang, Payakumbuh Barat, Senin (13/6). Rombongan TSR ini melibatkan  perwakilan dari Dinas Pendidikan, Bagian Organisasi, Bagian Kesra, Bagian Humas, BNN Kota Payakumbuh, Kasi Kesos Payakumbuh Barat, Lurah Talang, serta penceramah Desembri Chaniago.

Dalam sambutannya Kasat Bimas Yanisman menyampaikan sejumlah himbauan kepada masyarakat dan jamaah tentang keamanan dan ketertiban saat ini yang sangat perlu perhatian. Dikatakannya, selama Ramadhan dan menjelang lebaran, kejahatan cenderung meningkat, modusnya dengan pencongkelan pintu dan jendela rumah, pencurian kendaraan bermotor, serta penjambretan. Untuk itu dihimbau kepada warga untuk terus berhati-hati dan selalu waspada.

Diakhir kunjungan TSR Kelompok V ini menyerahkan bantuan berupa dua gulung tikar shalat yang langsung diserahterimakan kepada pengurus Masjid Muflihin, diwakili  Isdar.(rel/Dodi Syah Putra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*