Sala Lauak Cemilan Wisatawan di Pariaman

Padang-today.com__Kota Pariaman hampir seluruh daerah wiatanya berda di pesisir pantai. Dengan beberapa objek wisata pantainya yang indah, seperti pantai gandoriah, Pantai Kata, Pantai Cermin. Semuanya mempunyai keindahan dengan masing-masing menounyai dayak tariknya.

Karena keberadaanya di pinggir pantai, otomatis mata pencarian penduduk setempat sudah tentu sebagai nelayan. Selain itu, Kota pariaman juga cukup terkanal dengan ciri khas kuliner panatainya, seperti gulai ikan kapalo lauak, rakik udang, yang sangat terkenal dengan sala lauaknya.

Sebut saja, Marlina (45) warga asal Padang Panjang sengaja memanjakan keluarganya untuk berlibur menikmati indahnya pantai di Kota Pariaman, Sabtu 02-03-2019 mengatakan, setiap mengunjungi pantai pariaman, ia tidak bosan-bosanya membeli sala lauk makan khas kuliner pariaman itu.

Katanya, selain rasanya enak, sala lauka ini sudah membudaya oleh kalangan wisatawan sebagai cemilan yang enak dan gurih. “ Sala Lauak, rasanya yang renyah, gurih memang membuat ketagihan untuk terus menyantapnya,” kata dia.

Menurutnya, rasanya yang sedikit pedas, dan kadang lidah bertemu dengan gurihnya potongan ikan asin didalaamnya, membuat mulut tak ingin berhenti mencicipinya. Kenikmatan sala lauak sudah tercium dari aromanya yang khas. Karena irisan kunyit dalam sala begitu mengundang selera.

Affriyeni, (47) salah satu warga yang tinggal di Kota Pariaman, mengatakan, santapan sala lauk ini kerap disandingkan dengan campuran makanan lainya sebagai serapan pagi. Diantaranya, saat menyantap lontong gulai atau sate.

“ Warga Pariaman, di saat mau serapan pagi sudah pasti tidak terlepas dengan namanya sala lauak, tanpa sala lauak belum pas rasanya serapan di pagi hari,” kata dia.

Karena rasanya yang gurih lembut di dalam, namun begitu krispi dan garing diluar. Banyak yang mencoba membuat sala lauak, namun keistimewaan sala lauak yang dibuat asli orang piaman ini tetap tiada duanya, karena dominasi rasa ikan asin yang gurihnya meleleh dilidah.

Ibuk separo baya yang tinggal di komplek Griya Indah Permai, Taluak Pariaman Selatan ini melanjutkan, sala lauak dari daerah lainnya cendrung lebih kecil, Rasa ikan asinya tidak begitu mendominasi. Ini membuktikan kekhasan suatu daerah tidak dapat disamakan oleh daerah lainya.

“ Sala Lauak ini merupakan jajanan yang wajib dicoba saat mengunjungi Kota Pariaman, Sumbar,” kata dia.

Di pihak lain, Siti Aminah (56) salah satu pembuat sala lauak di Pariaman mengatakan, makan cimilan yang satu ini adalah berbentuk gorengan yang terbuat dari adonan tepung dan ikan asin, sehingga rasanya sangat lezat dan juga gurih.

Semua adonan bahanya tidak begitu sulit, lanjutnya, karena bahan mentahnya cukup mudah didapat didaerah itu. “ Sala Lauak dibuat dari bahan-bahan tepung beras, cabe, kunyit, bawang-bawangan, garam serta ikan asin,” tandasnya menghakiri. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas