Sambut Ramadhan, Dompet Dhuafa Luncurkan Zakatnesia

Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Defri Hanas, saat persiapan sambut Ramadhan dalam agenda pelatihan Sahabat Ramadhan (SR) di Gedung pertemuan Radio Republik Indonesia (RRI), pada Jumat (20/5), memberi sambutan dalam pengenalan kelembagaan dengan tema Zakatnesia.

Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Defri Hanas, saat persiapan sambut Ramadhan dalam agenda pelatihan Sahabat Ramadhan (SR) di Gedung pertemuan Radio Republik Indonesia (RRI), pada Jumat (20/5), memberi sambutan dalam pengenalan kelembagaan dengan tema Zakatnesia.

Padang, PADANG-TODAY.com-Sambut Ramadhan, Dompet Dhuafa meluncurkan program-program dalam semangat Zakatnesia, Berkah Zakat Untuk Indonesia, dengan label lokal “Berkah untuk Ranah Minang”.

“Peluncuran program Zakatnesia sengaja dilakukan menjelang Ramadhan dengan sejumlah alasan. Alasan terpenting yakni adanya kesadaran masyarakat dalam melakukan amal sosial ketika bulan Ramadhan cenderung meningkat,” tutur Presiden Direktur Dompet Dhuafa, Ahmad Juwaini pada Rabu (25/5).

Zakatnesia menjadi tema yang diturunkan menjelang bulan Ramadhan, agar masyarakat tergerak dan tergugah hatinya untuk meningkatkan amal sosialnya seperti berzakat, infaq dan shodaqoh. Melihat realitas di Indonesia, kemiskinan masih sangat tinggi.

“Dengan hal itu, kita juga bekerja keras untuk menggugah masyarakat yang memiliki solidaritas sosial melalui ajakan berdonasi,” ungkap Ahmad Juwaini.

Pemilihan kata Zakatnesia sebagai tema yang diusung untuk Ramadhan kali ini, menurut Ahmad juga mengandung beberapa filosofi. Kata itu lahir dari inspirasi kata Zakat dan Indonesia. Hararapannya dengan penamaan tema seperti ini, maka program tersebut akan populer dan familiar dikalangan masyarakat.

Dompet Dhuafa ingin menjadikan zakat sebagai sebuah instrumen dalam pengentasan kemiskinan. Sebagai lembaga penghimpun dana terbesar di Indoensia, dengan capaian 266 milyar rupiah per tahun.

Ahmad kembali menjelaskan bahwa dengan penghimpunan dana sebesar itu, Dompet Dhuafa bersama para donatur turut berperan dalam menyumbangkan berbagai program melalui dana zakat nasional.

Untuk Sumbar sendiri, pengenalan Zakatnesia diawali dengan pelatihan Sahabat Ramadhan (SR) 1437 H yang berlangsung dari Jumat sampai Minggu (20-22/5) lalu di gedung pertemuan Radio Republik Indonesia (RRI).
Adanya SR ini bertujuan membantu kemudahan berzakat masyarakat Sumatera Barat selama bulan Ramadhan.

Sebanyak 60 orang terdaftar sebagai peserta pelatihan dan mendapat materi dasar pengelolaan zakat untuk ditempatkan di titik-titik sebaran konter zakat selama bulan Ramadhan. Dari 60 peserta ini, diseleksi lagi untuk dipilih sesuai kriteria dengan tingkat pemahaman yang baik mengenai pengelolaan zakat dan transfer ilmu kepada khalayak nantinya.

“Harapannya dengan tema Zakatnesia dan pelatihan SR ini, masalah zakat dapat populer di segala lini, bukan hanya di kalangan majelis ta’lim saja. Tetapi dipahami secara baik sebagai suatu kewajiban muslim yang hartanya mencapai nisab. Dan tujuan zakat ini adalah untuk kebaikan juga, memberdayakan kaum kurang mampu, sehingga masyarakat semakin sadar akan kewajiban berzakat dan menjadikan zakat ini sebagai tren gaya hidup,” pungkas Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Defri Hanas.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas