Sambut Ramadhan, Kasat Narkoba Polres Tanah Datar Ajak Tomas, Todat Dan Toda Lakukan Ini

Fhoto : Kasat Narkoba Polres Tanah Datar AKP. Syafrinal saat melakukan sosialisasi bahaya narkoba kepada Tomas, Todat dan Toda se Kabupaten Tanah Datar, Selasa (15/05/18).(ddy)

Tanah Datar, www.padang-today.com,- Perang melawan narkotika dan obat terlarang lainnya terus digemakan. Bahkan negarapun ikut melakukan berbagai upaya agar zat satu ini dijadikan musuh bersama.

Peredaran narkoba ini semakin marak, tidak hanya kota besar, tapi sudah sampai ke pelosok dan menimbulkan kekhawatiran.

Salah satu jalan untuk memerangi narkoba ini dengan menggandeng , tokoh masyarakat (tomas), tokoh adat (todat) dan tokoh pemuda (toda) agar menjadi pelopor dalam memerangi narkoba, terutama di lingkungan sekitar.

Seperti yang dilalukan Kasat Narkoba Polres Tanah Datar AKP. Syafrinal menjelang ramadhan ini, bersama Kesbangpol, Dinas Kesehatan dan Kejaksaan Negeri setempat, melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba terhadap kehidupan bermasyarakat.

“Dengan menggandeng tokoh tokoh tersebut, kita berharap akan menjadi pemicu utama dan juga pelopor untuk lakukan pencegahan dan memerangi narkoba, khusus di lingkungan,” ucap AKP. Syafrinal dalam acara sosialisasi bahaya narkoba kepada tokoh – tokoh masyarakat dan OKP se Kabupaten Tanah Datar, Selasa (15/05/18) di Gedung PKK Komplek Indo Jolito Batusangkar.

Di hadapan peserta sosialisasi, Kasat Syafrinal mengajak tokoh tokoh tersebut melakukan pengawasan terhadap lingkungan, termasuk memperkuat peran masing-masing tokoh dalam hal mencegah, memerangi narkoba.

“Narkoba, adalah pemicu utama unyuk kejahatan lainnya, yang berujung pada penjara dan kematian. Kalau sudah kecanduan narkoba, maka sulit menyembuhkan, apapun akan dilakukan untuk mendapatkan barang itu, termasuk tindakan pidana. Untuk itu kita harus mengawasi generasi muda dalam bergaul di tengah masyarakat,” sebutnya.

Syafrinal juga meminta agar orang tua dapat memperketat dan mengawasi pergaulan anak anak, agar terhindar dari bahaya narkoba dan pergaulan bebas jelas Syafrinal.

“Masyarakat pun bisa memerangi narkoba, cara paling halus ialah dengan menghubungi polisi dan beri informasi ke polisi bila di kampung atau lingkungan ada oknum warga yang terlibat narkoba,” jelas,” pungkas Syaftinal.(ddy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*