Sanggar Simpony Lubuk Basung Juara Lomba Tari Galombang Tingkat Kabupaten

Kabid-Kebudayaan-Disbudpar-Agam,-Yulidar-saat-menyerahkan-tropy-kepada-salah-seorang-perwakilan-sanggar-simpony-lubuk-basung
Agam, PADANGTODAY.com-Sanggar Simpony Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, berhasil menjuarai lomba tari galombang tingkat Kabupaten, setelah menyisihkan 14 grup lainnya dalam perlombaan tersebut, di GOR Padang Baru Lubuk Basung, Senin (21/9).

Untuk juara ke dua diraih oleh sanggar Siti Aisiyah Kamang Magek, juara tiga MTSN Padang Tarok, harapan satu SMAN 2 Lubuk Basung dan harapan dua diraih oleh sanggar Ratok Parmato Tilatang Kamang.

Sementara di lomba tari pasambahan SMAN 2 Lubuk Basung, berhasil menduduki peringkat pertama setelah menyisihkan 11 grup lainnya. Untuk juara dua diraih MTSN Padang Tarok, juara tiga Sanggar Simpony, harapan satu SMAN IV Koto dan harapan dua SMKN Sungai Jariang Lubuk Basung.

Para pemenang ini langsung diberikan tropy, sertifikat dan tabanas oleh Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Agam, Yulidar, S.Sos.

Pada kesempatan itu, Kabid Kebudayaan Diasbudpar Agam, Yulidar, mengakui tampilan para peserta ini begitu memikat hati, sehingga para dewan juri sulit untuk memutuskan siapa yang berhasil menjuarai perlombaan ini.

“Selain peserta, masyarakat pun ikut antusias menyaksikan perlombaan seni tersebut, sehingga peserta yang tampilpun semakin percaya diri dalam menampilkan aksinya,” kata Yulidar.

Yulidar menerangkan, bahwa untuk tari galombang peserta tampil dengan waktu empat hingga lima menit, masing-masing grup berjumlah 20 hingga 25 orang, tari yang ditampilkan berangkat dari tari tradisi yang dikembangkan sesuai dengan kreasi masing-masing sanggar.

Selanjutnya untuk tari pasambahan peserta tampil dengan waktu lima hingga tujuh menit, mmasing-masing grup berjumlah 12 hingga 45 orang, tari yang ditampilkan berangkat dari tari tradisi yang dikembangkan sesuai dengan kreasi masing-masing sanggar.

“Mudah-mudahan para grup yang tampil dalam perlombaan ini bisa menampilkan seni budaya ini ditengah-tengah masyaraktr, baik dalam acara adat amupun acara lainnya,” harap Yulidar.

Lebih jauh Yulidar mengatakan, bagi jura pertama nantinya akan mewakili Kabupaten Agam ke tingkat Provinsi, tapi sebelumnya kita menunggu penggilan oleh pihak provinsi terlebih dahulu. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*