Santri Ponpes Ulul Albab Diduga Keracunan Makanan

 

Padang-today.com – Sebanyak 7 orang murid Pondok Pesantren Ulul Albab, Nagari Koto Baru, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya Sumbar jalani perawatan di puskesmas diduga alami keracunan makanan.

Humas Pemkab Dharmasraya Budi Waluyo saat dihubungi menyatakan, dari 32 orang mengalami keracunan makanan, 7 orang masih menjalani perawatan di Puskesmas Koto Baru.

“Petugas Puskesmas segera memberikan pertolongan dengan mengambil tindakan penyelamatan,”kata dia.

Mereka keracunan makanan yakni Cindi Ayu, Betris Palensia, Airin Bunga, Wulandari, Sunchi Cahnia, Zulfa dan  Sahilpha Putri.

“Hingga siang ini mereka masih mendapatkan perawatan di Puskesmas Koto Baru,”jelas Budi Waluyo.

Menurut Budi Waluyo, dugaan keracunan makanan itu berawal dari Senen (16/12) malam, dimana para santri pergi ke pesta seorang teman.

Mereka lalu mengkonsumsi hidangan yang disajikan tuan rumah. Para santri tersebut membawa makanan ke pondok pesantren. Di Pondok pesantren, para santri yang tidak ikut, memakan makanan dibawa temannya.

Setelah memakan berupa mie goreng, puluhan santri alami pusing kepala dan muntah muntah. Saat itu juga puluhan santri langsung dibawa ke puskesmas Koto Baru.

“Sebagian sudah dibolehkan pulang dijemput orang tua, hanya tinggal 7 orang murid santri menjalani perawatan medis di Puskesmas,”jelas Budi.

Budi menyatakan, Dinas Kesehatan dan BPOM masih menyelidiki dugaan penyebab santri ponpes keracunan makanan.

Masih menyelidiki sebab pasti dugaan keracunan itu. Kalau dari info yang kita kumpulkan, kemungkinan mereka keracunan mie goreng. “Sekali lagi, Dinkes bersama pihak terkait masih mendalami penyebab kejadian tersebut,”pungkas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas