Satu TPS Desa Pungguang Ladiang Menarik Warga Pemilih

Padang-today.com__Kota Pariaman, Sumbar hari ini menentukan pilihannya dalam Pemilu serentak. Cucuaca yang cukup cerah membuat antusias masyarakat pemilih untuk menjambangi TPS dalam menentukan pilihannya.

Salah satu TPS di Desa punggung ladiang, Kecamatan Pariaman Selatan disulap menjadi TPS yang unik dan berkesan bagi wagra yang datang untuk mencoblos dalam menetukan pilihannya di Pemilu ini.

TPS 2 di Dusun Samapan di daerah itu disulap seperti resepsi penikhan Minagkabau guna menarik warga untuk menggunakan hak pilihnya. “ Kami memeriksa beberapa TPS di Kota Pariaman dan ditemukan TPS yang unik sperti resepsi pernikahan Minangkabau,” kata Walikota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Rabu 17-04-2019.

Dinding TPS terebut dihiasi hiasan pernikahan orang Minangkabau serta pakaian kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) menggunakan pakaian pernikahan. “ Yang laki-laki mengenakan pakaian marapulai, seangkan perempuan menggunakan pakaian anak daro,” ujarnya.

Dekorasi seperti repsi pernikahan tersebut merupakan kearifan lokal Minagkabau yang masih bertahan di Pariaman hingga saat ini. Menurutnya, dekorasi yang disajikan terebut dapat menarik minat warga yang telah memilki hak pilih untuk datang ke TPS dan mengunakan hak pilihnya.

“Dengan TPS unik seperti ini maka warga pun akan datang dengan senang hati,” kata dia.

Pihaknya dengan KPUD Kota Pariaman telah sepakat untuk memberikan penghargaan keapada KPPS yang telah mendekorasi TPS dengan unik.

Sementara itu ketua KPPS TPS 2 Dasril mengatakan tujuan dekorasi TPS tersebut yaitu untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 di daerah itu. “ Kami ingin menarik minat warga untuk datang ke TPS,” ujarnya.

Keingianan untuk mendekorasi TPS tersebut, kata dia, merupakan inisiatif dirinya dan hal itu didukung usaha yang dimiliki yaitu rentalm pelaminan. Salah satu cara untuk meramaikan TPS agar warga mempunyai kesan pada Pemilu Serentak kali ini.

Para petugas di TPS mengunakan pakaian adat, dinding di TPS tersebut juga dihiasi pelaminan, sepertinya layaknya mengadakan perhelatan. “ Ini dari kebersamaan kami dalam menjalani Pilpres 2019 ini. Kami ingin tampil beda dari TPS lainya,” ujarnya.

Selain itu, di dekorasinya TPS tersebut untuk membuat suasana lebih santai dan resmi. Ia juga mengatakan, kostum di pakai oleh petugas TPS ini menambahkan partisipasi pemilih untuk datang dan tidak golput. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas