School of Master Teacher Menuju Guru Transformatif

SMT

Padang, PADANGTODAY.com-Berangkat dari kesadaran akan peran guru sebagai ujung tombak dalam memperbaiki kualitas pendidikan, Dompet Dhuafa terus mengembangkan program perbaikan kualitas guru. Untuk Sumbar, setelah sukses dengan program pendampingan sekolah dan pelatihan-pelatihan guru, Sekolah Guru Indonesia (SGI) yang merupakan jejaring Dompet Dhuafa membuka Program School of Master Teacher di Padang.

“Durasi satu kali program mulai dari pendaftaran peserta hingga prosesi wisuda adalah selama empat bulan. Kegiatan ini akan dikelola penuh oleh alumni relawan SGI Dompet Dhuafa Singgalang dan bekerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari lembaga pendidikan formal maupun informal, serta juga menghadirkan praktisi yang bergelut di bidang pendidikan,” Koordinator Program untuk Wilayah Sumatera Barat, Rizki Ikhwan, Jumat (16/1).

Untuk tahap awal, proram ini baru akan dibuka di Padang. Tahap berikutnya baru menyusul di kota dan kabupaten yang ada di Sumbar. “School of Master Teacher, merupakan salah satu bentuk ikhtiar bersama dalam mengukuhkan kapasitas guru untuk menjadi guru transformatif,” katanya.

Sementara itu Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra mengatakan model guru dengan kapasitas sebagai pendidik, pengajar, dan pemimpin akan mampu menciptakan transformasi di bidang pendidikan. “Ekspansi dan percepatan perbaikan kualitas guru di daerah sangat diperlukan,” katanya.

Dilanjutkannya, peningkatan kualitas guru dalam program ini adalah dari daerah untuk daerah. Mengedepankan pendidikan pada karakter pengajar, pendidik, dan pemimpin dalam diri para guru. Guru-guru yang memiliki komitmen kuat untuk memperbaiki kualitas pendidikan melalui perbaikan matode mengajar, perubahan pola pikir tentang pengajar dan pendidik akan direkrut khusus.

Salah seorang penanggung jawab program, Trias Wardani, memaparkan beberapa harapan yang ingin dicapai pasca program. Setiap lulusan program School of Master Teacher akan diakui sebagai bagian dari keluarga besar SGI dan dinyatakan sebagai alumni resmi SGI. Kedua, lulusan terbaik pada program ini akan diarahkan atau diorbitkan sebagai pakar di bidang keguruan dan pendidikan. Dan yang ketiga, para Master Teacher SGI diharapkan bisa membina para guru junior agar bisa menjadi Master Teacher berikutnya.

Mitra perdana yang akan memberikan pelatihan pada awal pertemuan sekolah 26 januari mendatang yakni Telkom Sumbar. GM Telkom Sumbar, Epi Antonius, sangat mendukung program ini. “Telkom siap memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan, terutama yang berhubungan dengan ICT,” katanya.

Program Training Guru (Intel Teach) ICT yang akan menjadi pembuka program tersebut ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman guru dalam penggunaan ICT dalam pembelajaran. Selain itu, juga meningkatkan inovasi dan kreatifitas guru dalam mengajar dengan memanfaatkan ICT. Pendaftaran program dibuka hingga 23 Januari, hubungi Rizki ikhwan (081374424626). (dil/winda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*