SDN 42 Rawan Barat Tertinggi, SMP 1 Padang Masuk 10 Besar Nasional

 

   Padang-today.com – SDN 42 Rawan Barat meraih nilai tertinggi ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di Padang.

“Terlihat dari hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD No.42 nilai periah nilai tertinggi jumlah nilai 266.79,”kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius .

Ia menjelaskan, berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Padang, jumlah sekolah Negeri 341 dan Swasta 65.

SDN 42 Rawan Barat ini nilai cukup bagus, posisi nomor dua dari SDN 20 Labuhan Tarok dengan jumlah nilai 265.07, sedangkan posisi ketiga SDN 05 Kalumbuak dengan jumlah nilai 263.92.

“Untuk siswa meriah nilai tertinggi Vinia safira putri dari SDN 02 Sawahan dengan nilai USBN 291.0, sedangkan posisi dua atas nama Tiara Fajar Ramadhan dengan jumlah nilai 290.2,”ungkap dia.

Barlius menambahkan, Disdik Padang bersyukur dimana SMP Negeri 1 Padang yang berhasil masuk sembilan besar SMP Negeri yang memiliki rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi.

“SMP 1 Padang yang masuk sembilan besar untuk SMP Negeri di tingkat nasional. ini bisa memotivasi SMP lain di Padang untuk bisa meriah nilai tertinggi tingkat nasional,”imbuhnya.

    Ia menyatakan, untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2019 ini bakal kembali menerapkan sistem zonasi.

“PPDB SMP berbasis zonasi ini sesuai dengan Pemendikbud nomor 51 tahun 2018  tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2018, dan Perwako nomor 30 Tahun 2018 tentang tatacara PPDB 2018. Ini telah ditetapkan Tahun 2018,”kata dia.

Sedangkan format PPDB SD berdasarkan wilayah tempat tinggal. Zonasi SD dibentuk berdasarkan wilayah kelurahan yang terdekat dengan tempat tinggal calon siswa, mereka dapat memilih lima SD.

“Siswa didik yang mendaftar di sekolah negeri, tak dibenarkan lagi bersekolah jauh dari rumah,”jelas Barlius.

Barlius menambahkan, ada banyak dampak positif dalam sistem zonasi seperti, pemerataan siswa unggul ke semua sekolah, sehingga guru lebih termotivasi mengajar.

   “Selain itu, tidak akan ada lagi istilah sekolah unggul atau sekolah favorit. Semua sekolah diharapkan bisa unggul dan menjadi favorit. Sebab siswa pintar sudah disebar secara merata, tidak lagi berkumpul di sekolah unggul,”pungkasnya (dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas