Sebanyak 32 Desa di Kota Pariaman Akan Melaksanakan Pilkades Serentak

Padang-today.com__Pemerintah Kota Pariaman, Sumbar akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 28 April 2019 yang diikuti 32 desa yang ada di daerah itu.

Berdasarkan Peratruran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 112 tahun 2014 tentang Pilkades dan diperkuat dengan Perwako Kota Pariaman No 6 tahun 2016 tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentikan Kades.

Atas dasar itulah pihak Pemko Pariaman menggelar Pilkades serentak pada 28 April mendatang dengan 32 calon kades yang siap bertarung dalam memperubutkan kursi sebagai Kepala Desa (kade).

“ Pelaksan Pilkades serentak untuk Kota Pariaman akan dilaksanakan pada tanggal 28 April 2019 setelah Pemilu dan Pilpres yang jatuh tanggal 17 April 2019,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Pariaman, Efendi Jamal.

Katanya, Kota Pariaman yang memilki 4 kecamatan dan 32 Desa sudah siap untuk melakukan pemilihan Kades serentak didaerah itu. Hal itu dibuktikan dengan telah dilakukan beberapa tahap-tahapan dalam proses Pilkades serentak tersebut.

Sementara itu  itu Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa DPMD Kota Pariaman, Ahadi Nugraha menambahkan, pelaksanaan Pilkades serentan itu telah sesuai dengan aturan yang berlaku dan semuanya telah berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan.

“ Untuk saat ini tahapan sudah memasuki perbaikan daftar pemilih tambahan (DPTam) selama dua hari dan tanggal 16 Maret 2019 akan disahkan Daftar Pemilihan tetap (DPT),” ujarnya.

Menurutnya, Sistem pelaksanaan Pilkades tersebut membentuk 4 panitia terdiri dari panitia tingkat kota yang beranggotakan bagian hukum, DPMD, Inspektorat, Camat dan Panitia ditingkat desa. Kemudian, dibentuk Panitia Pengawas yang akan melaksanakan pengawsaan terhadap pelaksanaan pemilihan kepka desa dan pantia ditingkat desa membentuk KPPS satu bulan menjelang Hari Pelaksanaan Pilkades.

Menjelang Pilkdes itu, kata dia, DPMD sudah mengadakan sosialiasi dan Bimtek kepada panitia ditingkat desa terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa. Selain itu, DPMD telah melakukan pengadaan terhadapa kelengkapan pemilihan seperti surat suara, kartu pemilih, surat panggilan.

“ Hingga saat ini, untuk kotak suara, semuanya diserahkan kepada panitia ditingkat desa dan semuanya sudah dianggarkan oleh DPMD,” kata dia.

Setelah pemilihan selesai, lanjutnya, untuk pelantikan Kades dilaksanakan pada masaing-masnig desa, dalam hal ini akan dilangsungkan setelah habis lebaran Idul Fitri tahun 2019.

Ia berharap, dalam Pilkades serentak tersebut sukses berjalan aman dan lancar dan nantinya tidak ada sengketa terhadap hasil perhitungan suara yang ditetapkan panitia, tetap menjunjung tinggi keharmonisan, kekeluargaan hidup bertetangga. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas