Sebuah Lubang Hitam (Blackhole) Misterius Dengan Ukuran 12 Kali Matahari

Ilustrasi Sebuah Lubang Hitam (Blackhole)

Ilustrasi Sebuah Lubang Hitam (Blackhole)

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Sebuah lubang hitam (blackhole) misterius dengan ukuran sangat besar telah ditemukan, mungkin salah satu yang terbesar di alam semesta. Namun, penemuan blackhole ini memicu kekacauan ilmu pengetahuan.

Lubang hitam yang berada pada jarak 12,8 miliar tahun cahaya dari Bumi itu berukuran 12 kali matahari kita. Ilmuwan berhasil menemukannya setelah bintang dan objek angkasa lain yang tersedot oleh lubang hitam itu memancarkan cahaya 40.000 kali lebih kuat dari galaksi Bima Sakti.

Nah, yang membuat ilmuwan bingung, seharusnya lubang hitam sebesar itu berumur sangat tua.

Tetapi yang terjadi justru sebaliknya, umur dari lubang itu ‘hanya’ 12 miliar tahun atau lahir 875 juta tahun setelah ‘Big Bang’ atau penciptaan alam semesta terjadi.

pertumbuhan lubang hitam yang sangat cepat dianggap mustahil dan bertentangan dengan teori blackhole yang dipercaya selama ini. Blackhole berukuran raksasa seharusnya terbentuk hampir bersamaan dengan Big Bang.

Di sisi lain, National Geographic menawarkan teori lain yang cukup bisa diterima, yakni kemungkinan lubang hitam itu berasal dari ledakan bintang purba raksasa atau dua lubang hitam yang bergabung.

(bbo/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*