Selama Lebaran Pengamanan Candi Borobudur Diperketat

CANDIMagelang, PADANGTODAY.com – Satu Satuan Tugas Khusus dari Kepolisan Resor Magelang, Jawa Tengah, melakukan pengamanan Candi Borobudur selama libur Lebaran 2014. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung di kompleks obyek wisata tersebut.

Advertisements

“Ada satu satgas khusus untuk penanganan Candi Borobudur karena objek wisata itu sangat rawan, baik dari akses kriminalitas, kemudian kemacetan lalu lintas, termasuk kenyamanan para pengunjung. Semua itu akan kami perhatikan,” kata Kapolres Magelang AKBP Murbani Budi Pitono di Magelang, seperti dikutip dari Antara, Senin (21/7).

Budi mengatakan, hal tersebut usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2014 tingkat Kabupaten Magelang. Budi menuturkan, satu satgas khusus, terdiri atas 75 orang. Jumlah personel tersebut melakukan penjagaan dalam kondisi rutin, apabila membutuhkan perkuatan pasukan lagi. pihaknya siap memenuhinya.

Selain di Candi Borobudur, katanya, Polres Magelang juga melakukan pengamanan di objek wisata Ketep Pass karena pengunjung di objek wisata alam itu juga selalu membeludak saat libur Lebaran. Budi mengatakan, untuk pengamanan Lebaran sifatnya terpadu yang melibatkan kepolisian, TNI, dan pemda fungsinya untuk memberikan pengamanan dan pelayanan.

“Pada pengamanan Lebaran kali ini kami buat delapan pos, dua pos layanan, dan dua pos pelayanan terpadu,” kata Budi.

Budi mengatakan, pos pelayanan terpadu difungsikan sebagai tanggap darurat apabila ada hal-hal yang perlu mendapatkan penanganan segera, seperti jalan putus, pohon tumbang, ada kendaraan macet /mogok di jalan diantisipasi bersama-sama. Budi menguraikan, dalam pengamanan Lebaran, Polres Magelang menerjunkan 510 personel dan dibantu dari TNI, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Magelang.
(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*