Selesaikan Pasar Dengan Langkah Konkrit

Padang, PADANGTODAY.com – Menata pasar raya menjadi pasar yang presentatif tidaklah semua membalikkan tepalapak tangan. Menyelesaikan persoalan pasar yang begitu komplek tentu harus dilakukan dengan cara komprehensiif  dan tidak sepotong sepotong saja.

Advertisements

Anggota DPRD Kota Padang dari Fraksi Demokrat, Yulisman mengatakan penataan, pengelolaan dan kenyamanan Pasar adalah hal utama yang harus di perhatikan. Melakukan penataan dengan cara penggusuran tanpa ada relokasi yang representatiif tentu tidak akan menyelesaikan persoalan.

Karena itu, Pemerintah Kota Padang harus memiliki langkah yang strategis dalam upaya pentaan pasar. Seperti apa pengelolaan yang akan di lakukan itu harus jelas, seperti apa kenyamanan yang di inginkan di Pasar tentu itu harus jelas pula.

“Yang namanya Pasar tidak hanya persoalan  pedagang akan tetapi apa yang menjadi persoalan pengunjung pasar,” kata Yulisman.

Dia juga mengatakan, yang namanya pasar, secara otomatis akan terus berkembang, pedagang pun semakin lama semakin bertambah. Karena itu, jika pengelolaan dan pengawasannya tidak dilakukan secara  baik, secara otomatis pasar akan sembraut.

Akan tetapi jika pengelolaan dan pengawasan dilakukan dengan konsisten, pertumbuhan pasar akan mudah tertata dengan baik, dan lokasi lokasi yang dilarang untuk tidak boleh berjualan akan lebih mudah di atasi.

Yang jadi persoalan selama ini adalah, banyaknya kepentingan pihak tertuntu di kawasan pasar. Sehingga pertumbuhan pedagang yang terus semakin banyak tidak bisa terkendali. “ Dan inilah yang terjadi di Pasar Raya saat ini,” ungkap Yulisman. (can/ari)