Semarak Ramadhan 1441H, Di Padangpanjang Diwarnai Tausyiah Daring

Padangpanjang, TODAY—Bulan Suci Ramadhan 1441 H memang memang memiliki nuansa berbeda dibanding Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini dilalui dengan berbagai upaya untuk memutus penyebaran virus Covid-19, sehingga pemerintah dan Ulama mengeluarkan Maklumat agar masyarakat melaksanakan Sholat Tarawih dan Sholat Jamaah lainnya di rumah masing-masing.

Langkah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Padangpanjang ini, sejalan dengan Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat No. 360/017/Covid19-SBR/IV-2020 tanggal 9 April 2020 perihal Penyelenggaraan Dakwah di rumah ibadah dalam masa penanganan darurat Covid-19, dimana dakwah di masjid, surau, atau musholla dapat dilakukan secara live tanpa dihadiri secara fisik oleh jamaah.

Para Da’i menggunakan pengeras suara dalam berceramah dan dapat menggunakan aplikasi live streaming video melalui program atau aplikasi elektronik. Untuk tahap pelaksanaannya, Walikota Padangpanjang Fadly Amran menugaskan para muballigh untuk memberikan tausiyah daring tersebut melalui surat tugas nomor : 400/087/Kesra-PP/IV/2020.

Mubaligh yang dilibatkan dalam kegiatan dakwah di masa penanganan darurat Covid-19 ini  adalah para muballigh yang berlatar belakang non ASN dan bukan pensiunan.

Kegiatan dakwah dalam Masa Penanganan Darurat Covid 19 di Kota Padangpanjang ini merupakan pengalihan anggaran Tim Ramadhan Pemko Padangpanjang. Yang alokasinya diperuntukkan untuk honor penceramah dan spanduk syiar Ramadhan 1441 H.

Untuk lokasi kegiatan ceramah dilakukan di 37 masjid tanpa menghadirkan jamaah. Pelaksanaannya sendiri dimulai tanggal 25 April 2020 sampai dengan  19 Mei 2020,   setiap pukul 17.00 -18.00 WIB.

” Tausiyah daring ini bisa diikuti oleh masyarakat Padangpanjang dari rumah masing-masing dengan mendengarkan melalui pengeras suara masjid atau mengikuti melalui akun Facebook dari masing-masing Ustadz penceramah,” jelas Setra Effendi, seorang Kasi di Bagian Kesra Sekdako Padangpanjang. (nfo/ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas