Seminar Penyusunan Roadmap SIDa Kota Padang Panjang Fadly Harapkan Inovasi Yang Lebih

Padang Panjang, Padang-Today.com – “Majunya suatu daerah sangat ditentukan oleh inovasi yang dilakukan daerah tersebut”, ujar Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA saat membuka acara Seminar Hasil Penyusunan Roadmap Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kota Padang Panjang tahun 2018 di Hall Lt. III Balaikota, Selasa (13/11).Seminar tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul, Pejabat Sekda Martoni, S.Sos, M.Si, Kepala BAPPEDA Sonny Budaya Putra, AP, M.Si, Kepala OPD se-Kota Padang Panjang, Ketua tim Penyusun Roadmap SIDa dari LPPM Universitas Andalas Dr. Ing. Uyung Gatot S. Dinata, MT serta para peserta seminar.

Fadly menyebutkan agar dapat mendorong perangkat daerah berinovasi dan meningkatkan daya saing, Pemko inginkan OPD dan masyarakat berinovasi untuk menjawab tuntutan dan tantangan yang muncul dari luar maupun dari dalam.

Inovasi daerah merupakan bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yakni tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan inovasi lainnya sesuai dengan urusan yang menjadi kewenangan OPD.

Pemko Padang Panjang telah melakukan berbagai upaya guna mendorong percepatan pelaksanaan inovasi diberbagai sektor, diantaranya Jemput Bola Akta Kelahiran dan Kematian (Jempol Akta), Jemput Bola KTP Elektronik (Jempol Katapel), Komputer Informasi Kependudukan (Komik), PTSP dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Melihat kondisi saat ini, kita masih sangat tertinggal jauh dari daerah lain, kita berharap tahun 2018 ini untuk penyusunan roadmap SIDa tahun 2018-2023 dapat dijadikan pedoman dalam penetapan program prioritas daerah seperti sistem perizinan online, pengembangan wisata religi dan kuliner, kampung tematik, industri kreatif, pengembangan perdagangan berbasis online, pengembangan rumah usaha, klinik UKM dan penyediaan ruang publik kreatif,” jelas Fadly.

Sementara itu, Sonny Budaya Putra menambahkan penyusunan roadmap SIDa ini merupakan kerjasama antara Pemko Padang Panjang dengan Unand yang dilaksanakan selama lima bulan terakhir dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat, peningkatan daya saing daerah.

Tujuan dari penyusunan roadmap SIDa tahun 2018-2023 diantaranya merumuskan strategi dan arah kebijakan pengembangan inovasi daerah, mendayagunakan potensi pembangunan secara efesien guna menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, menciptakan kebijakan pemerinta dalam meningkatkan pelayanan dan percepatan pembangunan, menjadi salah satu dasar pelaksanaan peningkatan kapasitas pemko untuk meningkatkan daya saing, menjadi acuan kegiatan kolaboratif yang melibatkan berbagai pihak dengan peran dan fungsi masing-masing serta menjadi salah satu masukan dalam penyusunan RPJMD Kota Padang Panjang tahun 2018-2023.

“Kita berharap akhir dari kegiatan ini nanti tersusunnya roadmap SIDa Kota Padang Panjang yang mencerminkan kebijakan inovasi dalam bentuk indikator-indikator yang berkesesuaian, yakni penguatan ekosistem inovasi, klaster industri, jaringan inovasi, penataan pembangunan daerah yang mengerucut kedalam serangkaian kegiatan pendampingan teknis dan kajian kebijakan,” jelas Sonny. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas