Sempat Diguyur Hujan, Pembukaan MTQ ke-36 Kota Payakumbuh Oleh Walikota Berlangsung Semarak

Walikota Payakumbuh Riza Falepi memukul beduk pertanda dimulainya MTQ tingkat Kota Payakumbuh ke 36 di Pakan Sinayan.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi memukul beduk pertanda dimulainya MTQ tingkat Kota Payakumbuh ke 36 di Pakan Sinayan.

Advertisements
Kafilah Lampasi Tigo nagari.

Kafilah Lampasi Tigo nagari.

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Sempat diguyur hujan menjelang pembukaan, tapi alek pembukaan MTQ ke-36 Kota Payakumbuh, di lapangan sepakbola Kelurahan Pakan, Sinayan Kecamatan Payakumbuh Barat, berlangsung cukup semarak dan meriah. Walikota Riza Falepi atas nama Gubernur Sumatera Barat, didampingi Wawako H. Suwandel Muchtar, Kakanwil Kementerian Agama Sumbar Syahrul Wirda, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, serta anggota Muspida setempat, menabuh beduk tanda dimulainya MTQ dua tahunan itu.

Sebelum MTQ dibuka gubernur, ratusan qori dan qoriah bersama pendukung kafilah kecamatan, seperti kelompok yasin dan pelajar TPA, lengkap dengan unit drum band masing-masing, mengikuti pawai taaruf, dari lapangan sepakbola Kelurahan Tanjung Gadang Koto nan Ampek menuju lapangan Pakan Sinayan, menyusuri Jalan Sukarno-Hatta, sepanjang lebih kurang 1,5 Km. Pawai taaruf ini mendapat sambutan publik disepanjang jalan utama itu.

Walikota Riza Falepi atas nama gubernur Sumatera Barat dalam sambutannya mengharapkan, kegiatan MTQ tingkat kota ini bisa melahirkan Qori dan Qoriah yang berprestasi. Selain itu, tambah Wako Riza, diharapkan juga memupuk kembali keimanan dalam diri masyarakat. “Semoga MTQ tingkat Kota Payakumbuh ini bisa membawa kita ke arah yang lebih baik, dengan kembali menggiatkan kegiatan kembali ke Surau dan Maghrib Mengaji dirumah kita masing-masing. Sehingga tercipta masyarakat yang madani di kota Payakumbuh yang kita cintai ini” ujar Wako Riza.

Sementara, Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Syahrul Wirda, dalam sambutannya yang sama juga mengingatkan, kegiatan MTQ ini jangan hanya menjadi rutinitas tahunan di daerah. “Namun, hendaknya MTQ dijadikan dasar bagi kita untuk kembali mempelajari Al-Qur’an dengan lebih baik lagi. Menggali dan mempedomani kitab Suci sebagai penunjuk arah bagi kita mencapai kehidupan yang sukses, baik di dunia dan di akhirat kelak” kata Syahrul.

Selepas sambutan, Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, melantik dewan hakim MTQ yang akan bertugas selama tiga hari, 25-27 November. Wawako mengingatkan, agar seluruh dewan juri benar-benar amanah dalam bertugas dan bersikap objektif. Penilaian dewan juri akan dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT, katanya.

Pembukaan MTQ juga dihadiri Muspida Payakumbuh, seperti Kapaolresta Payakumbuh AKBP Yuliani, SH, Dandim 0306/50 Kota diwakili Kasdim, Ketua Pengadilan Agama H. Arinal, Kepala Kantor Agama Payakumbuh H. Salman K. Memed, K dan Sekdako H. Benni Warlis, pimpinan SKPD, Ketua MUI, pengurus LDS, camat dan undangan lainnya.

Laporan Ketua Penyelenggara MTQ ke-36 Payakumbuh, Camat Payakumbuh Barat H. Nurdal, melaporkan, gelar MTQ itu memperlombakan 10 cabang dengan 18 mata lomba serta melibatkan 350 qori/qoriah dan ofisial dari lima kecamatan. Ke-10 cabang yang dilombakan itu, meliputi tilawah, tartil, cerdas cermat, sarhil qur’an, menulis kandungan alqur’an, bintang kasidah, kitab standar, hifzil qur’an, khutbah Jum’at dan kaligrafi.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*