Sempat Terhenti, PNPM-MP Bakal Dilanjutkan Tahun ini

PNPM--MP
PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.com-Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) yang sempat terhenti, akhirnya dilanjutkan kembali tahun 2015 ini.PNPM Mandiri Perdesaan ini dilanjutkan setelah Presiden Joko Widodo mendengarkan masukan dari para Gubernur seluruh Indonesia, beberapa waktu lalu. Untuk kelanjutkan program PNMP Mandiri Perdesaan tersebut anggarannnya telah dimasukan dalam APBN dan APBNP tahun 2015.

Advertisements

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Senin (6/4/2015) ketika membuka jambore PKK,PNPM Mandiri Perdesaan KB dan Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Propinsi Sumatera Barat, di lapangan INS Kayutanam Kecamatan 2 x 11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman.

Menurut Irwan selama PNPM Mandiri Perdesaan manfaatnya sudah dirasakan benar oleh masyarakat. Sehingga setelah mendengar masukan dari masyarakat, maka para gubernur seluruh Indonesia menyampaikan keluhan ini kepada Presiden Joko Widodo. “ Alhamdulillah mendapat tanggapan dari Pemerintah Pusat.Dari laporan yang saya terima pada minggu kedua bulan April ini dana pendamping sudah turun dan dana desa melalui PNPM akan juga diturunkan akhir April 2015 ini,” kata Irwan.

Disisi lain Irwan mengungkapkan, pada program keluarga berencana Sumatera Barat berhasil meraih prestasi 5 besar di Indonesia dalam menurunkan Total Fertility Rate (TFR) dari 3,2 % kelahiran menjadi 2,8 % kelahiran. Keberhasilnya ini tidak terlepas berkat kerja keras kader-kader tangguh dilapangan. Kemudian gelar Teknologi tepat guna merupakan suatu hal yang perlu digalakan, karena melalui kreatifitas dengan ilmu teknologi yang praktis, prakmatif dan aplikatif maka akan mendapat nilai tambah yang lebih. Sementara itu keberadaan PKK ditengah masyarakat selama ini telah dapat dirasakan manfaatnya karena PKK berperan ikut memberdayakan masyarakat perdesaan.

Ketua Panitia Pelaksana Nevi Irwan Prayitno mengatakan,jambore ini dilaksanakan untuk memotivasi kinerja para kader PKK,pelaku PNPM,KB dan Teknologi Tepat Guna di Propinsi Sumatera Barat. Dengan kegiatan ini diharapkan menjadi ajang berdiskusi, tuka informasi dan pengalaman yang dapat dijadikan bahan untuk meningkatkan kegiatan di daerah masing-masing. Nevi Irwan Prayitno juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni yang menjadi tuan rumah jamboree terpadu tahun 2015 ini.

Sementara itu Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni selaku tuan rumah, jambore PKK,PNPM Mandiri Perdesaan KB dan Gelar Teknologi Tepat Guna tingkat Sumatera Barat mengatakan, dipilihnya Kabupaten Padang Pariaman sebagai tuan rumah merupakan suatu penghormatan bagi Kabupaten Padang Pariaman. “ Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur, Ibu Ketua TIM Penggerak PKK Sumbar Ibu Nevi Irwan Prayitno karena Ini merupakan jambore yang sangat istimewa karena digabungkan dengan jambore PKK,KB, PNPM Mandiri Perdesaan dan Teknologi Tepat Guna.,” kata Ali Mukhni

Pada pembukaan jambore PKK,PNPM Mandiri Perdesaan KB dan Gelar Teknologi Tepat Guna yang diikuti 1000 peserta yang berlangsung cukup meriah tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim,Wakil Bupati Padang Pariaman Damsuar,Pimpinan DPRD Padang Pariaman Forkopimda Sumbar, Forkopimda Padang Pariaman serta para Bupati dan Walikota se Sumatera Barat, Camat/Walinagari se Kabupaten Padang Pariaman.(wis)

One comment

  1. Mantap… Eks PNPM siap menunggu SPT Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*