Seorang Mahasiswa Menemukan Suara Misterius Dari Atas Bumi

Ilustrasi bumi

Ilustrasi bumi

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Seorang mahasiswa dari Universitas North Carolina, Amerika, bernama Daniel Bowman, beberapa waktu lalu menemukan suara misterius dari atas Bumi, puluhan kilometer di atas daratan. Menariknya, NASA tidak bisa menjelaskan dari mana suara ‘alien’ itu berasal.

Untuk menangkap suara itu, Daniel menggunakan sebuah mikrofon yang dipasangkan pada balon udara yang diterbangkan di atas kawasan Arizona, bulan Agustus lalu. Ketika itu, balon Daniel berhasil terbang hingga ketinggian 37,5 kilometer.

Nah, ketika sampai di ketinggian 36 kilometer dari atas tanah, mikrofon menangkap sebuah suara infrasonik yang mempunyai frekuensi di bawah 20 hertz.

Jenis suara infrasonik adalah suara yang tidak bisa didengarkan secara langsung oleh telinga manusia karena terlalu lemah. Salah satu karakteristik suara infrasonik yang membuat ilmuwan NASA penasaran adalah biasanya suara ini berasal dari jarak yang sangat jauh.

Teori mengenai dari mana asal suara itu pun menyeruak, mulai dari badai, gempa bumi, hingga alien. NASA pun sekarang mengaku belum bisa menemukan penjelasan yang tepat, sehingga pihaknya bersiap mengirimkan balon udara lain di akhir tahun ini untuk meneliti lebih lanjut suara ‘alien’ itu.

“Belum pernah ada rekaman suara di stratosfer (bagian atmosfer di ketinggian 36 kilometer) yang pernah dihasilkan selama 50 tahun belakangan ini. Tentu, bila kita menempatkan mesin perekam lain, kita bisa menemukan sesuatu,” ujar Daniel Bowman, Live Science (04/05).
(bbo/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*