Seorang Pekerja Di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Di Jepang Tewas

Pekerja Nuklir

Pekerja Nuklir

Advertisements

Tokyo,PADANGTODAY.COM-Seorang pekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima di Jepang tewas. Pekerja ini jatuh ke dalam tangki penampungan air setinggi 10 meter, ketika sedang memeriksanya.

Kecelakaan kerja berujung kematian ini merupakan insiden kedua yang terjadi di Fukushima dalam kurun waktu kurang dari setahun. Demikian seperti dilansir Reuters, Selasa (20/1/2015).

Pekerja yang tidak disebut namanya ini bekerja untuk perusahaan konstruksi Hazama Ando Corp. Dalam insiden yang terjadi Senin (19/1), pekerja ini tengah menginspeksi tangki penampungan air di kompleks tersebut.

Saat itu, tangki tengah dalam keadaan kosong. Si pekerja ini terjatuh ke dalam tangki setinggi 10 meter. Dia dilarikan ke rumah sakit, sebelum akhirnya meninggal dunia pada keesokan harinya, atau Selasa (20/1) ini.

“Kami sangat menyesal atas kematian pekerja tersebut dan menyampaikan belasungkawa mendalam kepada keluarganya. Kami berjanji untuk melakukan langkah-langkah demi mencegah tragedi serupa tidak terjadi lagi,” ucap head manager pembangkit listrik Fukushima, Akira Ono dalam pernyataannya.

Jumlah kecelakaan kerja di pembangkit listrik Fukushima yang mengalami kerusakan setelah gempa dan tsunami besar tahun 2011 lalu mengalami peningkatan hingga 55 kasus untuk tahun lalu. Hal ini terjadi seiring meningkatnya upaya pembersihan dan penambahan jumlah pekerja oleh pihak operator, Tokyo Electric Power Co.

Pada Maret lalu, seorang pekerja tewas setelah tertimbun tanah saat menggali selokan di kompleks Fukushima.

Pekan lalu, inspektur ketenagakerjaan setempat memperingatkan Tokyo Electric soal hal tersebut. Mereka meminta operator untuk menangani masalah tersebut dengan segera.

“Ini bukan hanya masalah meningkatnya jumlah kecelakaan kerja. Ini kasus yang serius, termasuk kematian dan cedera serius yang terus meningkat jadi kami meminta Tokyo Electric untuk meningkatkan pengamanan,” ucap inspektur tenaga kerja setempat, Katsuyoshi Ito yang mengawasi pembangkit Fukushima.

Ito menambahkan, pihaknya masih menyelidiki kematian terbaru ini.(nvc/mad/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*