September Gilang Nan Gemilang Kota Padang Panjang Penobatan WTP dan WTN Bagi Kota Serambi Mekah

Walikota H. Hendri Arnis, BSBA, terima Penghargaan oleh Menteri Keuangan RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2013.

Walikota H. Hendri Arnis, BSBA, terima Penghargaan oleh Menteri Keuangan RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2013.

Advertisements

Padang Panajang, PADANGTODAY.com-Bagi Kota Serambi mekah dinilai berhasil dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2013, pemerintah Kota Padang Panjang dengan duet kepemimpinan Walikota H. Hendri Arnis, BSBA dan Wawako dr. H. Mawardi, M.KM meretas prestasi gilang nan gemilang di bulan September 2014 ini. Pemerintah Kota Padang Panjang dianugerahi penghargaan dari pemerintah pusat di Gedung di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI Jakarta, Jumat (12/9) malam.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Keuangan RI Muhammad Chatib Basri kepada Walikota Padang Panjang H. Hendri Arnis. Selain Kota Padang Panjang, sebanyak 65 Kementerian / Lembaga dan 151 Pemerintah Daerah yang lain juga mendapat penghargaan tersebut.

Terlihat dari hasil pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Sampai dengan 1 September 2014, jumlah LKPD tahun 2013 yang memperoleh opini Wajar sebanyak 431, dari seluruh LKPD yang berjumlah 524. Dari jumlah LKPD yang memperoleh opini wajar tersebut, 152 di antaranya memperoleh opini WTP, dan 279 lainnya memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Jumlah LKPD yang mendapat opini WTP tersebut meningkat secara signifikan jika dibandingkan pada tahun 2009, yang hanya sebanyak 21 LKPD.

Penyerahan penghargaan bagi kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah yang telah berhasil menyajikan laporan pertanggung jawaban keuangan tahun 2013 dengan capaian kualitas tertinggi mengacu pada opini audit WTP dari BPK ini dilangsungkan bersamaan dengan penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2014 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, Boediono. Rakernas yang digelar selama 1 hari tersebut bertajuk “Dengan Semangat WTP, Sukseskan Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual di Tahun 2015”.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, memberikan  penghargaan kepada Pemko Padang Panjang yang diterima Wakikota H. Hendri Arnis, BSBA karena  kota bertajuk Serambi Mekah yang dipimpinnya berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah. Dengan penilaian tersebut, maka Pemerintah Kota Padang Panjang sangat layak menjadi yang terbaik. Pemberian penghargaan tersebut merupakan rangkaian Acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2013

Ada rasa yang kunjung tersembunyi oleh Hendri Arnis atas perolehan penghargaan WTP tersebut.  Diakuinya, atas penghargaan itu. diakuinya sangat berbahagia dan menyampaikan apresiasi serta rasa terima kasih atas penghargaan tersebut. Hal itu, menurutnya bukti pengakuan terhadap kinerja keuangan Pemerintah Kota Padang Panjang  yang dinilai WTP. Ini merupakan kali kedua  mendapatkan penilaian WTP.

Meski demikian, bagi Hendi Arnis, pemerintah bukan  bertarget  semata hanya untuk meraih WTP tetapi jauh lebih penting adalah efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran untuk mensejahterakan masyarakat. Perlu suatu komitmen yang tegas,jelas dan terukur  bahwa jangan sampai anggaran lebih banyak dipakai untuk belanja aparatur dibandingkan belanja publik.

“Penghargaan ini ini kita dipersembahkan untuk masyarakat Kota Serambi Mekah. Sebagai wujud akuntabilitas kinerja Pemerintah Kota Padang Panjang. Selain itu saya haturkan rasa terima kasih atas kerja keras dan dedikasi jajaran pegawai lingkup Pemerintah Kota Padang Panjang yang menghadirkan kinerja terbaiknya selama ini,” ujarnya.

Sementara Kepala DPPKAD Kota Padang Panjang, Drs. Mastoti  menyatakan, penghargaan yang diterima Walikota Padang Panjang dari Menkeu RI sebuah potret yang menggambarkan semakin menguatkan penilaian BPK Republik Indonesia dengan raihan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  atas penyajian pelaporan keuangan Pemerintah Kota Padang Panjang.

Kembali, pada Rabu (10/9) di gedung Smesko UKM Jakarta, Kota Padang Panjang meraih piala Wahana tata Nugraha (WTN) ke 12 kalinya. Capaian prestasi nan sangat bergensi dipentas nasional bagi Padang Panjang yang bertajuk Kota Serambi Mekah bagai air mengalir dengan senandung gemerciknya disela bebatuan, syahdu mengalun kemanana-mana. Sebuah kota kecil nan sarat dengan prestasi.Bergelimang prestasi di bulan sepetember itu memang ketika Kota Padang Panjang H. Hendri Arnis, BSBA dan Wawako dr. H. Mawardi, M.KM. Dedikasi, Keseriusan, komitmen dan konsistensi sosok  seorang Hendri Arnis penunggang plat merah BA 1 N notabene putra daerah kota berhawa sejuk ini memang telah teruji dan mumpuni meski sosok pemimpin muda dalam usia.

Menyoal keberhasilan Kota Padang Panjang meraih yang 12  kalinya secara berturut adalah suatu pembuktian atas loyalitas kepedulian,dedikasi, tanggungjawab dan komitmen Pemerintah Kota Padang Panjang dengan berbagai pihak terkait lainnya  untuk membangun Kota Padang Panjang khususnya menyangkut tertib lalu lintas.

“Keberhasilan jangan hanya dilihat dari sisi komitmen kepala daerah semata tetapi ini adalah wujud kepedulian kita bersama,” Hendri Arnis menegaskan. (nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*