Servando ‘La Tuta’ Gomez Baru Saja Ditangkap Kepolisian Meksiko

Servando 'La Tuta' Gomez

Servando ‘La Tuta’ Gomez

PADANGTODAY.COM– Servando ‘La Tuta’ Gomez baru saja ditangkap Kepolisian Meksiko. Pria 49 tahun itu adalah bandar narkoba paling dicari di kawasan Amerika Utara dan Amerika Selatan. Nilai buruannya, hidup atau mati, mencapai USD 2 juta (setara Rp 26 miliar).

Gomez tertangkap di Kota Morelia, Ibu Kota Provinsi Michoacan dini hari kemarin waktu setempat.  pria yang punya ratusan pengikut ini ditangkap tanpa perlawanan.

Pria ini sangat terkenal di Meksiko, lantaran kisah hidupnya sangat unik. Dia dulunya guru SMA. Tiba-tiba, pada 1990-an, Gomez memutuskan terjun ke bisnis narkoba. Kartel yang dia pimpin diberi nama “Ksatria Templar”, beroperasi laiknya organisasi keagamaan.

Gomez dianggap bukan sekadar pemimpin kartel, tapi juga pemuka agama. Loyalitas anggotanya sangat kuat. Mantan guru ini pun dikenal kejam karena selalu menghabisi nyawa pesaing-pesaingnya dalam perdagangan kokain.

Di Provinsi Michoachan, Gomez punya kekuatan menyaingi pemerintah setempat. Selain persenjataan anak buahnya tak kalah dari polisi, dia memiliki pengaruh yang bikin politikus lokal pun terkencing-kencing. Nyaris seluruh warga takut berurusan dengan kelompoknya.

Dari informasi beredar, bagi loyalisnya, Gomez adalah sosok karismatik dan kebapakan. Panggilannya La Tuta, jika diartikan harfiah adalah ‘Pak Guru’. Sampai 2009, dia masih dapat gaji dari sekolahnya di Kota Arteaga.

Sejak 2003, Amerika Serikat turut memburu Gomez dan antek-anteknya. Sindikat Ksatria Templar diduga memasok jutaan kilogram kokain ke perbatasan Negeri Paman Sam.

Mulai Januari 2014, pemerintah pusat Meksiko mengirim batalion lengkap memutus ruang gerak La Tuta. Pengamat di AS mengapresiasi keberhasilan menangkap Gomez. “Dia adalah pemain paling penting bisnis narkoba saat ini. Potensi kartelnya mengobarkan kekacauan berkurang,” kata Eric L. Olson dari Lembaga Kajian Woodrow Wilson Center.

Ini adalah keberhasilan kesekian kalinya untuk Presiden Meksiko Enrico Pena Nieto. Pemimpin muda itu sejak menjabat bersumpah memerangi korupsi dan narkoba. Tahun lalu, bandar besar lain yakni Joaquin ‘El Chapo’ Guzman sudah dicokok satuan antinarkoba.

Gomez sempat diyakini tidak bisa tersentuh hukum. Sebuah video pada 2012 menunjukkan bandar kejam itu minum bersama putra Gubernur setempat, Rodrigo Vallejo.

Warga setempat muak, lalu akhirnya mempersenjatai diri melawan geng Ksatria Templar. Aksi masyarakat itu yang membuat pemerintah pusat Meksiko mengirim bala tentara lengkap memberangus Gomez.

(ard/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas