Siap Siaga Hadapi Bencana BPBD, Kesbangpol Padang Panjang Adakan Sosialisasi

Padang Panjang, Padang-Today.com – “Peran Satgas PB Kelurahan sangat dibutuhkan saat suatu daerah terjadinya bencana, maka logistik dan peralatan bencana mempunyai peranan penting dalam upaya penanggulangan bencana, terutama pada saat prabencana, kesiapsiagaan dan respon kita terhadap penanganan bencana”, kata Wakil Walikota Padang Panjang dr. Mawardi MKM saat membuka Sosialisasi Manajemen Logistik dan Peralatan Bencana bagi Satgas PB se-Kelurahan Kota Padang Panjang tahun 2018 di Aula Hotel Pangeran, Senin (20/8).

Manajemen Logistik dan Peralatan Bencana sangat dibutuhkan saat menanggulangi terjadinya bencana, ada tujuh tepat penyaluran logistik yang dapat dipastikan.

“Tepat jenis bantuan barang, tepat kuantitas, tepat kualitas, tepat sasaran, tepat waktu, tepat pelaporan dan tepat biaya, merupakan faktor penting setiap penanggulangan bencana”, jelasnya.

Manajemen logistik atau disebut juga logistik kemanusiaan merupakan kegiatan perncanaan, pelaksanaan, dan pengendalian aliran bantuan kemanusiaan secara efesien, hemat biaya dan penyimpanan bantuan kemanuasiaan dan informasi terkait, dari titik asal ke titik konsumsi untuk tujuan mengurangi penderitaan korban bencana.

“Mengingat pentingnya logistik manajemen tersebut, menjadi suatu kewajiban bagi kita untuk selalu siaga terhadap bencana yang datang, mari kita siapkan Satgas PB yang handal, cepat tanggap dan mampu memberikan rasa aman, nyaman dan tenang bagi masyarakat jika terjadi bencana”, tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol Padang Panjang Sarbaini, SE mengatakan Padang Panjang merupakan Kota rawan bencana baik dari alam maupun perbuatan manusia.

Tujuan diadakan sosialisasi guna memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang peralatan bencana, meningkatkan kapasitas satgas, adanya disetiap kelompok orang – orang yang mampu menanggulangi bencana.

“Kita harapkan sosialisasi ini dapat mmbekali para pelaku penanggulangan bencana yang siap siaga jika nanti ada daerah yang terkena bencana”, jelasnya.

Sosialisasi ini diikuti oleh Satgas PB Kelurahan se -Kota Padang Panjang sebanyak 75 orang dengan narasumber dari BPBD Provinsi Sumatera Barat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas