Siapkan Layanan Online Terintegrasi, Pemko Pariaman Gelar Bimtek

Padang-today.com__Guna memastikan pelaksanaan layanan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Perkantoran ‘siMAYA’ Pemerintah Kota Pariaman, Sumbar, melalui Dinas Kominfo Kota Pariaman menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk pelaksanaan layanan di masing-masing OPD di Lingkungan Pemerintah itu.

“Kami juga akan membuatkan akun untuk masing-masing OPD dan sekaligus mensosialisasikan kepada seluruh admin yang hadir pada hari ini”, kata  Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Nazifah, kemaren 14-02-2019.

Bimtek ini merupakan salah satu program pengembangan kapasitas aparatur pemerintah bidang komunikasi dan informatika yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kecakapan aparat pemerintah dalam menjalankan tata kelola informasi dan teknologi informasi di instansi pemerintah.

ia mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan bimtek ini adalah untuk memberikan informasi kepada admin tentang cara mengoperasikan siMAYA.

Pihaknya dalam hal ini membuatkan akun untuk masing-masing OPD dan sekaligus mensosialisasikan kepada seluruh admin. Terkait dengan hal ini, seluruh admin diminta bertanggungjawab terhadap pembuatan akun OPD yang nantinya akan menerima disposisi dari kepala dinas dan walikota.

“Target pertama kita lebih kepada disposisi surat masuk secara bertahap dan nanti juga akan kita berlakukan bagaimana membuat surat keluar,” kata dia.

Dengan adanya aplikasi siMAYA ini dapat mencapai penyelenggaraan administrasi perkantoran yang baik dan maksimal di daerah serta dapat mendukung merealisasikan smartcity di Kota Pariaman.

Aplikasi siMAYA merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Direktorat e-Government yang dapat dimanfaatkan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah secara gratis.

Berdasarkan Tata Naskah Dinas Elekronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) No. 6 Tahun 2011 mengenai Tata Naskah Dinas Elektronis di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Bimtek ini dihadiri oleh seluruh admin siMAYA dari masing-masing OPD, Sekretaris dan Kepala Bidang e-government Dinas Kominfo Kota Pariaman serta narasumber dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat, Yola Tri Handika, S.Kom dan rombongan. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas