Sidak di Lapas, PWI Padang Pariaman Sesalkan Ucapan Kakanwil Kemenkumham

Padang-today.com____Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Padang Pariaman, Sumatera Barat mengecam keras perkataan Kepala Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Sumbar  terhadap perkataan yang tidak pantas kepada wartawan di Pariaman saat para awak media mengajukan pertanyaan.

“PWI telah menerima pengaduan dari wartawan Minangkabau News kepada pengurus PWI yang merasa direndahkan atas ucapan Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar,” kata Ketua PWI Perwakilan Padang Pariaman, Ikhlas Bakri, di Pariaman, Selasa 24/7/2018.

Ia mengatakan, persoalan tersebut berawal saat wartawan Minangkabau News, Warman (35) menanyakan soal jumlah narapidana yang sudah over kapasitas di LP II B Pariaman. Namun, Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar Dwi Prasetyo menjawab “Ke rumah mu mau?” dengan kata-kata itulah menimbulkan media tidak nyaman.

“Secara pribadi dan kelembagaan PWI, ucapan atau jawaban dari Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar tersebut tidak etis terhadap wartawan,” ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, wartawan merupakan mitra pemerintah dan masyarakat secara umum, jika jawaban pejabat seperti itu tentu ini memicu keretakan mitra kerja.

Ia juga meminta agar Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar meminta maaf kepada awak media demi menjaga hubungan kemitraan antar lembaga.

Kemudian, kata dia, wartawan di dalam menjalankan tugas memiliki aturan baku serta merujuk kepada Undang-Undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers dan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) nomor 14 tahun 2008.

“Atas dasar tersebut pemerintah dari berbagai elemen harus menghormati kinerja para insan pers untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Warman menyampaikan bahwa Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar Dwi Prasetyo usai Sidak pada Senin (23/7) malam menyatakan semua Lapas di daerah itu sudah penuh sehingga tidak ada tempat untuk menampung narapidana.

Sehingga keluar perkataannya seperti ini “Kalau kamu menyediakan tempat untuk menahan, saya pindahin ke situ,  kamu yang jaga,” tandasnya menghakiri. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas