Sidang Paripurna Istimewa DPRD Puncak Peringati Hari Jadi Kota Pariaman ke-17

Padang-today.com__Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, bersama seluruh elemen masyarakat memperingati Hari Ulang tahun Kota Pariaman ke – 17. Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya rapat paripurna istimewa, Selasa 02-07-2019 di Gedung DPRD setempat.

Peringatan hari jadi tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh baik tingkat kabupaten dan kota, provinsi maupun nasional. Selain itu, sejumlah perantau juga ikut menghadiri peringatan HUT tersebut.

Peringatan hari jadi Kota Pariaman yang ke -17 ini menjadi momentum untuk mengevaluasi diri bagi semua pihak dalam upaya memajukan daerah.

Kota tersebut berdiri pada 2 Juli 2002, telah banyak melakukan sejumlah pembangunan fisik maupun pembangunan sumber daya manusia.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kota Pariaman, Faisal Spd, dalam sambutannya pada saat membuka rapat paripurna istimewa itu.

Oleh karena itu momentum peringatan hari jadi itu menjadi starting point bagi eksekutif dan legislatif dalam membuat sejarah dan warna baru penyelenggaraan hari jadi yang tidak hanya semarak dengan event seremonial, tetapi tercatat dalam Lembaran Daerah.

“ Kota Pariaman berdiri pada 2 Juli 2002 diresmikan sebagai Kota Otonom oleh Menteri dalam Negeri, Harysubarno. Sehingga setiap tahunnya kita lakukan memperingati Hari Jadi Kota Pariaman,” kata ketua DPRD Kota Pariaman, Faisal SPd.

Ia mengatakan, pihak Eksekutif bersama Legislatif dan Yudikatif telah banyak melakukan sejumlah pembangunan fisik maupun pembangunan sumber daya manusia.

“Peringatan hari jadi Kota Pariaman yang ke-17 diharapkan menjadi momentum bagi semua pihak dalam upaya memajukan daerah,” kata dia.

Sementara pemuka masyarakat Kota Pariaman, Martias Mahyuddin dalam sambutannya mengatakan, dengan lahirnya Kota Pariaman sebagai Kota Otonom pada 2-7-2002 lalu telah banyak disua dan dirasakan oleh masyarakat setempat tentang pembangunan di daerah itu.

“ Tepatnya pada hari Selasa ini 2-7-2019 Kota Pariaman telah maju secara signifikan. Sebagai masyarakat Kota Pariaman cukup bangga dengan perkembangan daerah ini,” kata Martias Mahyuddin.

Hingga saat ini, kata dia, secara historis bahwa Kota Pariaman telah dapat bersaing dari daerah-daerah kabupaten dan kota yang ada di Sumatera barat, bahkan di tinggkat nasional.

Untuk itu, patutlah semua pihak untuk dapat bersinergi dengan pemerintah dalam membangun Kota Pariaman kearah yang lebih baik dan maju.

Walikota Pariaman, Genius Umar dalam sambutanya mengatakan, hari ini adalah sebagai sejarah bagi masyarakat dan pemerintah untuk memajukan daerah. Pada hari ini juga pihak pemerintah dengan masyarakat sedang bersemangat untuk membangun daerah itu.

Sebagai contoh ujar dia, dari segi infrastrutur pemerintah setempat telah mengubah wajah pariwisata daerah dengan berbagai pembangunan.

“ Wisata bahari dan potensi pulau-pulau kecil yang berada di Kota Pariaman merupakan fokus pembangunan daerah sejak beberapa tahun terakhir,” kata dia.

Selain itu dari segi sumber daya manusia, kata dia, pemerintah setempat fokus kepada pembangunan mental dan karater masyarkat. “ Kami atas pemerintah daerah sangat berterimakassih seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung program pemerintah,”

Untuk itu dengan motto Bersama Masyarakat Kita Bangun Kota Pariaman kerah yang lebih baik dan maju dari daerah-daerah lainya.

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Biro Kepemerintahan, Ikbal Ramadipayana mengatakan peringatan HUT Kota Pariaman harus menjadi momentum pemerintah setempat untuk intropeksi diri guna melanjutkan pembangunan daerah.

Intropeksi diri tersebut tidak saja untuk pembangunan skala besar seperti yang dilakukan pemerintah setempat sekarang tapi juga skala kecil atau memperhatikan kehidupan warga miskin.

“ Bersinerginya pemerintah daerah dengan masyarakat setempat dalam memajukan roda pembangunan dan program-program pemerintah. Hal ini dapat membawa Kota Paariaman kearah yang lebih baik dan maju,” tandasnya menghakiri. (Herry Suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas