Sidang Pleno PPS di Kecamatan Sungai Limau Dapat Sorotan

Tulisan Dikaca Kantor Kecamatan Sungai Limau

 

Padang-today.com__Paniti Pemilihan Umum Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman, Sumbar, telah melakukan rekapitulasi penghitungan suara di sejumlah TPS yang ada diaderah itu.

Dari aturan yang dilahirkan oleh pihak peyelenggara pemilu, sidang pleno PPS ditingkat kecamatan dilaksanakan dari tanggal 18 – 23 April 2019. Namun, di PPK Kecamatan Sungai Limau dapat di langsungkan pada hari Sabtu 20-04 kemaren.

Sidang pleno yang digelar di Kantor kecamatan tersebut, mendapat sorotan dari masyarakat yang ingin menyaksikan dan mendapatkan informasi dari hasil sidang tersebut. Kenapa tidak, di depan kaca tempat sidang dilangsungkan tertulis tulisan satu lembar kertas karton yang berukuran 90x 30 cm.

“ Tulisan yang ada di kaca tersebut membuat masyarakat enggan untuk masuk dan mendapatkan informasi dari hasil sidang pleno PPS yang dilansungkan pada hari ini,” kata Zulfahmi salah satu mantan ketua PPK Sungai Geringging yang hadir pada saat sidang pleno, Sabtu 20-04-2019 di Sungai Limau.

Katanya, Masayarakat kurang mengerti dan kurang paham dengan tuilisan di kaca itu. Seperti yang diberitakan www.padang-today.com kemaren. Tulisan itu berbunyi, ‘ Dilarang Masuk Bagi Yang Tidak Berkepentingan’ artinya, dengan tulilsan tersebut masyarakat beropini bahwa sidang pleno PPS Kecamatan Sungai Limau tertutup.

“ area sidang hanya boleh dimasuki pihak anggota panitia peyelenggara pemilu, Panwaslu dan saksi-saksi yang mempunyai mandat di pemilu 2019,” kata dia.

Sementara ketua KPUD Padang Pariaman, Zulnaldi mengatakan, sidang pleno PPS di Kecamatan Sungai Limau tidak ada tertutup. “ sebenarnya semuanya ini kesalah pahaman dalam mengartikan tulisan yang ada di kaca tersebut,” ujar Zulnaldi, Minggu 21-04-2019 melalui pesan pada telepon pintarnya ketika di konfirmasi.

Menurutnya, sidang pleno PPS di Kecamatan terbuka untuk umum. Artinya, siapa saja yang merasa berkepentingan diperbolehkan untuk hadir dalam sidang tersebut. “ Kalau tulisan penggumuman itu, berarti bagi yang merasa berkepentingan silahkan masuk. Kalau diruang pleno ada selain PPK, berarti terbuka sifatnya. Karena ada Panwas, Saksi, Polisi dan sebagainya,” kata Zulnaldi.

Ia berharap, masyarakat yang akan menyaksikan dan menghadiri sidang tersebut supaya tertib dan aman agar terciptanya situasi yang kondusif, sidang tersebut terbuka koq. “ Ngak ada istilah yang ditutupi, dan masyarakat jangan ada yang membuat dikotomi atau membangun persepsi keliru. Karena tidak ada tindakan atau sikap yang tegas untuk melarang hadir pada sidang tersebut. Kalau ingin mengikuti silakan ikuti saja,” ujarnya.

Kecamatan Sungai Limau yang berada di Daerah Pemilihan III dengan jumlah Daftar Pemilihan Tetap berjumlah 22,976, hingga kini masih di langsungkan Sidang Pleno PPS di daerah itu. Informasi tentang hasil penghitungan suara sementara dapat diupdate di laman Sistem Informasi Penghitungan Suara (situng) di www.pemilu2019.kpu.go.id (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas