Sigap, Program Legislasi Daerah Dibahas DPRD

Hendri Wanto nggota DPRD.

Hendri Wanto nggota DPRD.

Advertisements

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD Kota Payakumbuh mempunyai tugas menyusun rancangan program legislasi daerah yang memuat daftar urutan dan prioritas rancangan peraturan daerah, berserta alasannya untuk setiap tahun anggaran di lingkungan DPRD.

Berdasarkan rapat kerja Balegda dengan tim penyusun Ranperda Kota Payakumbuh, dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Suparman, Jum’at (7/11) telah disepakati program Legislasi Daerah kota Payakumbuh tahun 2015 untuk dibahas secara bersama-sama.

Usai rapat paripurna, ketua Balegda DPRD Kota Payakumbuh Hendri Wanto kepada wartawan, mengatakan, Ranperda yang akan dibahas tahun 2015 itu sebanyak 18 Ranperda yang diajukan Pemko Payakumbuh dan empat Ranperda merupakan produk hukum DPRD.

Empat Ranperda inisiatif DPRD itu diantaranya tentang badan penyuluh pertanian, tentang pendidikan, tentang lembaga pemberdayaan masyarakat dan tentang susunan organisasi kelompok tani.

Tugas Balegda selanjutnya membuat inventarisasi masalah hukum dan perundang-undangan pada akhir masa keanggotaan DPRD untuk dapat dipergunakan sebagai bahan oleh Balegda pada masa keanggotaan berikutnya.

Dikatakan Hendri Wanto, dalam rapat paripurna, banyak saran dan masukan dari kawan-kawan anggota DPRD, diantaranya, saran dari H. Fitrial Bachri dari Fraksi Gerindra, dinas Kependudukan dan Catatan Sipil harus membenahi administrasinya, dan diberi deadline hingga 1 Desember mendatang.

“Untuk seterusnya, Balegda akan mengadakan rapat dengan pimpinan fraksi, komsi dan rapat dengar pendapat umum dengan masyarakat. Kemudian, mengadakan koordinasi dan konsultasi dengan pihak pemerintah daerah, kepolisian, kejaksaan atau pihak lain yang dianggap perlu, “ujar Hendri Wanto.(malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*