Sijago Merah Jilat Lima Unit Rumah di Payakumbuh

C360_2014-07-30-18-53-46-506

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.COM -Rabu (30/7), lima rumah kayu di Jalan Imam Bonjol, Payolansek Payakumbuh Barat, habis terbakar. Rumah kayu yang sebagian menjadi bengkel perabot kayu itu habis dilalap si jago merah, beserta isinya, sekitar 12.45 WIB.

Kebakaran di siang bolong itu menghebohkan warga. Api diduga berasal dari tabung gas yang berada di dalam sebuah rumah. Rumah-rumah kayu ini dimiliki oleh Irwan Bay (57) yang berprofesi guru dan Oki (45) yang tukang perabot kayu.

4 sepeda motor yang tertambat di dalam rumah, ikut habis terbakar. 2 unit mesin potong kayu diinformasikan oleh Damkar Kota Payakumbuh juga ikut ludes hangus terbakar. Diperkirakan kerugian atas kebakaran ini sekitar Rp500 juta.

Yoserizal Teja, salah seorang saksi mata d I tempat kejadian mengatakan api begitu cepat menyebar. Sebab, selain bangunan terdiri dari bahan kayu, juga disebabkan banyaknya perabot dan bahan papan kayu di dalam rumah. Api dengan leluasa memangsa 5 rumah yamg berdekatan dan hanya berdinding papan itu.

Petugas Damkar Kota Payakumbuh dengan armada yang siaga turun ke lapangan. Sayang, sebaran api begitu cepat menghanguskan lima rumah kayu tersebut. Api begitu liarnya sehingga membutuhkan waktu untuk mendinginkan.

Lima Kebakaran
Sementara itu, di situasi prumah panas cuaca yang terjadi belakangan ini, menyebabkan banyak sekali terjadi peristiwa kebakaran di wilayah Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Diinformasikan Damkar Kota Payakumbuh, bahwa pada hari pertama Idul Fitri saja, telah terjadi 5 penanganan peristiwa kebakaran.

Kebakaran pertama, menghabiskan rumah Zal di Sarilamak. Kejadiannya saat Shalat Ied dilaksanakan. Dilanjutkan dengan kejadian di rumah permanen di Jalan Pacuan No. 1 RT 01/RW 01 Kelurahan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh.

Kejadian sekitar 12.30 WIB ini menghabiskan bagian belakang (dapur) rumah Risdianto (51). Rumah milik tentara ini terakar akibat tabung gas 12 kg nya meledak.

Selanjutnya, untuk yang ketiga di Jorong Parumpuang Nagari Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, sekitar pukul 16.40 WIN juga dilalap api rumah dari Maya Sisteria (32).

Sampai malam harinya, 23.15 WIB kembali Damkar Kota Payakumbuh ikut memadamkan kebakaran yang terjadi pada gudang makanan ayam di Koto Kociak Nagari VII Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota.
Gudang milik Yulia (36) itu terbakar akibat korsletting listrik di gudang tersebut. Untung saja api bisa dijinakkan kemudian.

Kejadian kelima di hari pertama Idul Fitri terjadi di Kelurahan Padang Tangah Pakan Salasa. Selanjutnya, selang dua hari, terjadilah kebakaran di 5 rumah warga yang non permanen di Payolansek.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas