Sikucur Pesona Alam Air Terjun

Padang-today.com__Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan kawasan bernama Nagari Sikucur, Kampuang Dalam.

Ini adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Agam.

Sikucur bisa menjadi salah satu lokasi alternatif untuk liburan karena menyimpan pesona alam yang menakjubkan, yaitu Air Terjun Baburai.

Air terjun ini berada di Korong Alahan Tabek, Nagari Sikucur, Kec V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman Sumbar.

Lokasi Air Terjun Baburai memiliki pesona alam nya nan indah dan masih alami. Dari Kota Pariaman, air terjun ini berselang 20 km dan bisa Anda tempuh, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Memanfaatkan waktu libur  akan terasa nyaman dan asyik apa bila bertamasya ke objek wisata alam yg indah dan alami Air Terjun Baburai.

Disepanjang perjalan menuju lokasi air terjun tersebut, Anda juga bisa menyaksikan keindahan alam dengan sawah dan pegunungan yg menghijau serta jalan yg penuh lika liku.

Sebut saja Mudawar (45) salah seorang warga yang berkebun di sekitar lokasi itu menceritakan bahwa setiap hari selalu ada pengunjung yg datang.

” Tentunya yang ramai adalah pada hari sabtu dan minggu dan serta hari libur lain nya,” kata Mudawar, Minggu 16-06-2019 di Sikucur.

Pengunjung yang datang sangat beragam ada yang membawa keluarga, mahasiswa, bahkan anak sekolah.

Dasril (52) salah satu warga yang menjajakan daganganya mengatakan bahwa air terjun baburai ini sudah mulai dibuka untuk masyarakat umum sejak awal tahun 2013 yg lalu.

Bersamaan dengan itu pembenahan fasilitas di lokasi objek wisata ini sudah mulai dilakukan.

Pembangunannya sendiri didanai dari PNPM Mandiri dan APBD Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

Menurutnya, untuk menunjang menuju kawasan air terjun baburai ini telah dibangun berupa tangga untuk memudahkan pengunjung yg datang untuk menyaksikan gemercik air terjun tersebut.

Selain Air Terjun di area kawasan air terjun tersebut juga terdapat sebuah PLTA mini yg listrik nya untuk menerangi masyarakat sekitar, serta sebuah bendungan PDAM air bersih untuk masyarakat.

Harapan masyarakat dan pengunjung, kata dia, adalah perbaikan sarana jalan menuju lokasi air terjun baburai ini.

Dia berharap Dinas PU Kabupaten Padang Pariaman dapat segera melakukan perbaikan infrastruktur  menuju Air Terjun Baburai.

Selain Air Terjun Baburai, di Nagari Sikucur sendiri terdapat beberapa objek wisata Air Terjun yang dapat dikembangkan.

Seperti, air terjun langkuik, air terjun bukit bio-bio, dan air terjun marunggai. Semuanya memiliki keasrian dan keindahan tersendiri. (Herry Suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas