SKPD Diminta Ikut Lestarikan Tanaman Anggrek

Padangpanjang, Padang-today-Walikota Padang Panjang meminta kepada seluruh SKPD yang ada di kota berjuluk Serambi Mekah itu, untuk membudidayakan dan mengembangan tanaman Anggrek. Selain untuk mempercantik rumah dan perkantoran, juga melestarikan spesies bunga yang beberapa diantaranya di lindungi pemerintah.

Advertisements

Disampaikan Hendri Arnis, melalui PP Nomor 7 Tahun 1999, pemerintah melindungi beberapa jenis Anggrek yaitu Anggrek Koribas, Anggrek Hitam, Anggrek Hartinah, Anggrek Albert, Anggrek Jamrud, Anggrek Raksaksa Irian dan Anggrek Ki Aksara.

“Saya meminta kepada Seluruh Kepala SKPD, agar menanam tanaman Anggrek, saya juga berharap kepada seluruh masyarakat Kota Padang Panjang juga ikut serta melakukan hal yang serupa, semoga dengan melestarikan anggrek di Kota Padang Panjang, akan menambah ciri khas kota Kita sebagai Kota Anggrek selain berjuluk Kota Pendidikan ataupun Kota Serambi Mekah,” katanya.

Menurut Hendri Arnis, Anggrek dikenal sebagai tanaman hias populer yang dimanfaatkan bunganya. Bunga anggrek sangat indah dan variasinya hampir tidak terbatas. Indonesia memiliki kekayaan jenis anggrek yang sangat tinggi, terutama anggrek epifit yang hidup di pohon-pohon hutan, dari Sumatera hingga Papua. Anggrek bulan adalah bunga pesona bangsa Indonesia. Anggrek juga menjadi bunga nasional Singapura dan Thailand.

“Selain sebagai hiasan rumah atau perkantoran, Anggrek juga memiliki nilai ekonomis jika dikembangkan dan dirawat dengan baik. Selain SKPD, himbauan ini juga akan kita lakukan bagi masyarakat, termasuk juga kelompok-kelompok pengelola bunga hias di kota ini,” ungkapnya. (Humas/Rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*