SMA 1 Lubuak Aluang Gelar Lomba Membuat Lemang

 

Advertisements

Padangpariaman, PADANGTODAY.com-Banyak cara untuk memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, kali ini salah satu sekolah SMA Negeri di Padangpariaman mengelar membuat Lemang dan membuat Jamba. Acara semacam ini baru pertama kali diadakan di Padangpariaman, dan peserta yang ikut dalam acara tersebuit SMU/SMK/MA Negeri dan swasta se Padangpariaman, dan lomba diadakan selama satu hari dihalaman SMU 1 Lubuak Aluang, Sabtu,(24/1).

Lomba yang dipelopori oleh SMA 1 Lubuk Alung ini memperebutkan piala bergilir Bupati Padangpariaman Ali Mukhni dalam rangka menyambut Maulid Nabi Besar Muhammad Ratusan SAW. lomba diadakan selama satu hari di halaman SMU 1 Lubuak Alung, siswa SMU sangat antusias yang terdiri dari sratusan siswa antusias

Sebut saja, Dian, (16) ketua regu salah satu peserta dari SMU Negeri 2X11 Enam Lingkung Padangpariaman, ia dan teman-temannya sangat antusias mengikuti lomba tersebut. “Saya dan teman-teman senang sekali ikuti lomba malamang dan membuat jamba yang pertama kali diadakan di Padangpariaman. Kami sudah mempersiapkan perlengkapan lomba jauh-jauh hari dan berharap hasil yang terbaik” ungkapnya.

Sementara, Kepala SMU 1 Lubuk Alung Dian Mulyati Syarfie mengatakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, kami dari SMU Lubuak Alung menyelenggarakan lomba membuat Lemang dan Bajamba. Jauh-jauh hari kami dari pihak sekolah telah mempersiapkan diri untuk mengelar acara tersebut., karena acara ini baru pertama kali di gelar di Padangpariaman. “Saya mengusulkan kepada Bupati, kami ingin menyelenggarakan lomba membuat lamang dan Jamba kepada Bupati Ali Mukhni. Ide tersebut direspon positif dan Bupati berkenan untuk menyediakan hadiah kepada pemenang,” paparnya.

Dijelaskannya bahwa peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW bertemakan kebersamaan dan memupuk kesalehan sosial melalui budaya lokal dengan membuat lamang. Ia beralasan bahwa sekolah juga merupakan tempat pengembangan budaya disamping memberikan ilmu pengetahuan di bidang akademik.

Budaya Padang Pariaman, tambahnya, mengutamakan kebersamaan gotong royong diantaranya pada kegiatan membuat lamang dan jamba pada perayaaan agama islam yaitu Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

“Sekolah juga merupakan tempat pengembangan budaya disamping memberikan ilmu pengetahuan di bidang akademik. Budaya Padang Pariaman mengutamakan kebersamaan gotong royong diantaranya pada kegiatan membuat lamang. Alhamdulillah, kegiatan ini didukung penuh oleh Bapak Bupati” kata Perempuan yang juga istri Kadis Pendidikan prop Sumbar itu.

Kemudian, Bupati Ali Mukhni mengatakan bahwa tujuan utama penyelenggaraan lomba membuat lamang dan jamba adalah untuk menanamkan nilai-nilai kearifan lokal dan budaya minang khususnya piaman kepada generasi muda. Ia komit akan tetap menyelenggarakan event-event tradisi minang ini setiap tahunnya di lokasi yang berbeda-beda.

“Alhamdulillah, lomba membuat lamang dan jamba berlangsung sukses. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Ibuk Dian, Kepala SMU 1 Lubuk Alung yang memiliki ide dan gagasan penyelenggaraan event ini yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kearifan lokal dan budaya minang khususnya piaman kepada generasi muda. Kita komit akan adakan event ini setiap tahunnya” Ali Mukhni mengakhiri,”

Lomba ini dimenangkan oleh SMU 1 Enam Lingkung sebagai peringkat pertama dan berhak menerima Piala Bergilir Bupati. Juara II SMA 1 Lubuk Alung dan Juara III diraih SMA 1 Batang Anai. Tampak hadir Asisten III Prop Sumbar Sudirman Gani, Kadis Pendidikan Propinsi Sumbar Syamsurizal, Camat setempat Azminur.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*