SMA N 1 Bukik Barisan Diresmikan, Masyarakat Gembira, Pendidikan Limapuluh Kota Kian Maju

Bupati Alis Marajo tanda tangani prasasti peresmian SMA N 1 Bukik Barisan

Bupati Alis Marajo tanda tangani prasasti peresmian SMA N 1 Bukik Barisan

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Puluhan tahun diidaman masyarakat, warga Koto Tangah Kecamatan Bukit Barisan akhirnya memiliki Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri. Masyarakat mengaku sangat gembira dan bersuka cita mendapatkan sekolah baru tersebut.

”Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang telah mengalokasikan pembangunan SMA baru di Koto Tangah ini. Sebab, sekolah itu sudah sangat lama kami dambakan,” ungkap Ketua Komite SMAN 1 Bukit Barisan Safwan Zakaria dalam sambutannya pada acara peresmian sekolah itu oleh Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo, Minggu (29/3).

Dirintis dan direncanakan di masa Kadis Pendidikan masih dipegang oleh Desri SPd MM, Bupati pun segera akan meresmikan lima sekolah lainnya. SMA N 1 Gunuang Omeh, SMAN 1 Mungka, SMA N 2 Akabiluru, SMAN Unggul, dan SMA N 2 Pangkalan. Masih ada yang terbengkalai, SMP N Unggul Boarding School, SMP N Bungo Setangkai. SMK Boarding School sebenarnya telah diplanning oleh Desri. Secara nyata, Limapuluh Kota harusnya sudah punya SMP, SMA, dan SMK Boarding School.

Kehadiran sekolah baru tersebut, lanjut Safwan, anak-anak di sejumlah nagari di Kecamatan Bukit Barisan tidak harus lagi bersekolah jauh-jauh ke Kota Payakumbuh atau ke Nagari Limbanang Kecamatan Suliki. Agar sejajar dengan sekolah lain, tentunya SMA perlu tambahan sarana dan prasarana pendukung seperti laboratorium, peralatan komputer, pustaka, mushalla dan lainnya.

”Kita berharap, kedepan Pemkab Limapuluh Kota juga membantu pembangunan berbagai sarana dan prasarana pendukung tersebut,” pinta Safwan yang juga mantan anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota.

Sementara itu Bupati dalam penyampaiannya manyadari SMAN itu sudah lama dirindukan masyarakat Koto Tangah dan nagari tetangga lainnya. Berkat kerja keras dan kebersamaan berbagai pihak, harapan kehadiran sekolah itu akhirnya terwujud.

”Sekolah ini bisa dibangun karena kebersamaan dan pengorbanan masyarakat. Tanpa adanya tanah hibah dari kaum Datuak Dahan, mustahil sekolah ini bisa kita bangun di sini,” ujar Bupati.

Lebih jauh Bupati mengatakan, saat ini seluruh kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota sudah memiliki SMA. Bahkan Kecamatan Bukit Barisan sudah mempunyai dua SMA yang satunya lagi berada di Kenagarian Maek.

”Secara keseluruhan daerah ini telah mempunyai SD sebanyak 365 sekolah, SMP sejumlah 50, SMA 16 sekolah dan SMK 4 sekolah,” papar Bupati.

Sebelumnya Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Bukik Barisan Yondri Arizul menjawab humas mengatakan, saat ini SMAN 1 Bukit Barisan telah mempunyai 67 orang siswa yang duduk di kelas 1 dan 2. Para siswa tersebut antara lain berasal dari Nagari Koto Tangah, Baruah Gunuang, Sungai Naniang dan Banja Laweh Kecamatan Bukit Barisan. Bahkan ada juga yang berasal dari Nagari Tanjung Bungo Kecamatan Suliki.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*